Pemahaman Sistem Info Dan Sistem

 Sistem intinya ialah sekelompok unsur yang erat hubungannya satu dengan yang lain Pemahaman Sistem Informasi dan Sistem

Konsep Dasar Sistem

Sistem intinya ialah sekelompok unsur yang erat hubungannya satu dengan yang lain, yang berfungsi bantu-membantu untuk mencapai tujuan tertentu. Secara sederhana sistem sanggup diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen, atau variabel - variabel yang terorganisasi, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain dan terpadu. Sistem sanggup berupa abstraksi atau fisis. Sistem yang abnormal ialah susunan yang teratur dari gagasan-gagasan atau konsepsi yang saling tergantung. Sedangkan sistem yang bersifat fisis ialah serangkaian unsur yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan.
Dari definisi di atas maka sanggup diketahui manfaat sistem yaitu untuk menyatukan atau mengintegrasikan semua unsur yang ada dalam suatu ruang lingkup, dimana komponen-komponen tersebut tidak sanggup bangun sendiri. Komponen atau sub sistem harus saling berintegrasi dan saling bekerjasama untuk membentuk satu kesatuan sehingga target dan tujuan dari sistem tersebut sanggup tercapai. Pendekatan sistem yang merupakan kumpulan dari komponen atau elemen-elemen merupakan definisi yang lebih luas dibandingkan dengan pendekatan sistem yang prosedural.

Definisi lain dari sistem ialah kumpulan dari bab - bab yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama atau sekumpulan objek - objek yang saling berelasi dan berinteraksi.

Konsep Dasar Serta Pengertian Data dan Informasi

Data dalah kumpulan fakta yang tidak teroganisir. Pengolahan data akan mengubah data mentah menjadi info (Nurwono, 1994). Informasi ialah hasil pengolahan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem menjadi bentuk yang gampang dipahami oleh penerimanya dan info ini menggambarkan kejadian-kejadian kasatmata untuk menambah pemahamannya terhadap fakta-fakta yang ada, sehingga sanggup dipakai untuk pengambilan suatu keputusan. Sumber info ialah data. Data ialah kenyataan yang menggambarkan kejadian-kejadian dan kesatuan yang kasatmata (Tata Sutabri, 2004).

Kualitas dari suatu info tergantung dari 3 (tiga) hal yaitu :

  1. Akurat (accurate) Informasi harus bebas dari kesalahan dan dihentikan menyesatkan. Akurat juga berarti bahwa info harus terang mencerminkan maksudnya.
  2. Tepat waktu (timelines) Informasi yang hingga pada peserta dihentikan tertunda. Informasi yang sudah lama nilainya akan berkurang. Karena info merupakan landasan didalam pengambilan suatu keputusan.
  3. Relevan (relevance) Informasi tersebut memiliki manfaat untuk penggunanya. Relevansi info untuk setiap orang, satu dan lainnya niscaya berbeda.

Transformasi Data Menjadi Informasi

Data hanyalah sekumpulan fakta. Namun fakta-fakta tersebut sanggup memperlihatkan suatu info penting sehabis diolah oleh proses-proses pengolahan, analisis, dan sintesis. Pada sistem terkomputerisasi proses penyimpanan data, proses pengolahan,analisis, dan sintesis dan proses penampilan info sanggup dilakukan oleh komputer.
Contoh data adalah: kumpulan data produk kerajinan, nota-nota transaksi perusahaan, dan sebagainya. Data tersebut akan diolah menjadi suatu informasi. Contoh Informasi adalah: Nilai rata-rata mahasiswa untuk matakuliah tertentu (diperoleh dari penjumlahan seluruh data nilai suatu matakuliah dibagi dengan jumlah mahasiswa). Contoh yang lain adalah: laporan pendapatan perusahaan (diperoleh dari analisa nota-nota transaksi perusahaan).


Pengertian Sistem Informasi

Sistem info ialah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan aktivitas seni administrasi dari suatu organisasi untuk sanggup menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diharapkan (Tata Sutabri, 2004).

Manfaat adanya sistem info dalam suatu instansi yaitu:

  1. Menyajikan info guna mendukung pengambilan suatu keputusan.
  2. Menyajikan info guna mendukung operasi harian.
  3. Menyajikan info yang berkenaan dengan kepengurusan.
Beberapa komponen sistem info sanggup diklasifikasikan sebagai :

  1. Perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang berfungsi sebagai mesin.
  2. Manusia (people) dan mekanisme (procedures) yang merupakan insan dan tata cara memakai mesin.
  3. Data merupakan jembatan penghubung antara insan dan mesin semoga terjadi suatu proses pengolahan data.

0 Response to "Pemahaman Sistem Info Dan Sistem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel