Pengertian Vga Card, Fungsi Vga Dan Cara Kerja Vga Card

VGA atau Video Grapich Accelerator yaitu sebuah perangkat keras komputer yang mempunyai kiprah untuk mengolah suatu data grafis yang kemudian akan ditampilkan pada suatu layar monitor pada perangkat komputer. Didalam VGA juga dikenal nama Processor yang sering disebut GPU (Grapich Processing Unit) yang tentunya mempunyai peranan sangat penting terhadap pinjaman VGA card ini.

Untuk ketika ini sudah banyak jenis VGA yang sudah mempunyai spesifikasi tinggi, hal ini dikarenakan semakin banyaknya kegiatan yang dilakukan dengan media komputer dengan akselerasi dan grapich yang cukup tinggi contohnya ibarat permainan game online dan pekerjaan design grafis, dimana kedua kegiatan ini memang sangat sekali diperlukan support VGA Card yang mempuni.

VGA card merupakan perangkat keras komputer yang berperan dalam memproses informasi grafis pada perangkat sehingga bisa dihasilkan di layar komputer, TV atau proyektor. Dengan kata lain, tanpa VGA card kita tidak sanggup melihat konten grapik ibarat video, atau bahkan mengakses artikel ini

Pada umumnya komputer mempunyai VGA card yang telah terintegrasi atau tertanam pada motherboard atau CPU. VGA card yang tertanam pada motherboard biasa disebut “on-board video” sedangkan untuk VGA card yang tertanam pada CPU disebut “accelerated processing unit (APUs)”.


 yaitu sebuah perangkat keras komputer yang mempunyai kiprah untuk mengolah suatu data gra Pengertian VGA Card, Fungsi VGA dan Cara Kerja VGA Card

Fungsi VGA Card Secara Umum

Dari klarifikasi diatas sudah bisa ketahui bahwa fungsi utama dari VGA card ini yaitu salah satu perangkat komputer yang berfungsi sebagai media untuk mengolah data grafis yang nantinya akan di tampilkan pada layar monitor komputer. Dengan VGA Card juga kita bisa lebih menikmati tampilan layar komputer yang lebih jernih juga resolusi gambar yang ditampilkan pun sudah sangat anggun dan jelas.


Fungsi VGA Card Secara Khusus

Pada dasarnya, VGA card mempunyai fungsi mengolah informasi grafis pada komputer ibarat merender grafis 2D maupun 3D, decoding MPEG-2/MPEG4. Selain itu VGA card juga bisa untuk menghubungkan komputer dengan perangkat TV ataupun ke beberapa monitor sekaligus (multi-monitor). VGA card juga mempunyai sound card sehingga bisa menghasilkan output sound ke perangkat yang terhubung ibarat TV.

VGA card saling terhubung dengan CPU (central processing unit), sehingga bisa untuk mengambil data dari CPU kemudian kemudian memprosesnya sehingga sanggup tampil di layar monitor.

Untuk anda yang hobi bermain game atau yang bergelut dibidang multimedia ibarat design grafis, video editing dan lainnya, sangat penting sekali untuk mempunyai VGA card pemanis dengan kualitas yang bagus.

Karena dengan memakai media pemanis VGA card, sudah dipastikan sanggup membantu dan menaikkan performa seluruh kemampuan sistem anda, alasannya yaitu VGA card mempunyai RAM, pengatur daya dan pendingin tersendiri dalam mengelolah informasi grafis. Sehingga RAM dan CPU pada sistem anda tidak akan terbebani dan bisa dipakai untuk hal lain.

Cara Kerja VGA card

VGA memang seringkali dipakai untuk dihubungkan pada resolusi layar monitor pada komputer yang mana tentu saja VGA ini mempunyai cara kerja yang bisa menerjamahkan keluaran dari sebuah komputer ke monitor.  Kegiatan dari VGA Card ini tentu akan terlihat positif ketika Anda ingin bermain game yang membutuhkan grafis yang tinggi dan memerlukan kapasitas dan kualitas yang bagus.

Tentu kalau VGA komputer Anda tidak mempunyai kualitas ataupun kapasitas yang cukup diperlukan bermain game tersebut, tampilannya akan buruk atau tidak jernih. Akan berbeda kalau kebutuhan akan VGA yang diadaptasi dengan kualitas dan juga kapasita pada game tersebut tentu tampilan gambar yang dihasilkan akan sangat anggun sekali. Terlebih lagi ketika bermain game biasa nya membutuhkan kapasitas VGA yang cukup besar dan tinggi.

Biasanya kalau Anda memaksakan VGA yang kualitas nya rendah untuk bermain game yang membutuhkan grafis yang tinggi maka komputer akan error. Adapun biasanya produsen yang menyediakan VGA dengan kualitas yang baik yakni ibarat ATI Radeon ataupun Nvidia .

VGA juga sanggup mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih dipakai hingga kini ini untuk mengantarkan sinyal video analog pada monitor. Standard VGA resminya telah digantikan oleh standard XGA dari IBM, namun pada kenyataannya VGA justru digantikan lagi oleh Super VGA.


Komponen dan Bagian-Bagian VGA Card


 yaitu sebuah perangkat keras komputer yang mempunyai kiprah untuk mengolah suatu data gra Pengertian VGA Card, Fungsi VGA dan Cara Kerja VGA Card

Berikut ini yaitu penjabaran dari masing-masing bab VGA Card yang harus anda ketahui :

1. Graphics Processing Unit

Graphics Processing Unit (GPU) atau biasa juga disebut Visual Processing Unit (VPU) yaitu sebuah sirkuit yang dirancang untuk memanipulasi data dengan cepat dan memodifikasi memori untuk mempercepat pembuatan gambar pada frame buffer. Singkatnya GPU ini ibarat dengan CPU, namun GPU didesain hanya untuk menangani grafis saja.

2. Motherboard Connection

Motherboard connection merupakan bab yang menjadi penghubung atau mediator antara VGA Card dengan Motherboard komputer, sehingga sistem komputer sanggup membaca kehadiran VGA tersebut dan sanggup dilakukan pemasangan serta pengaturannya, bab ini selalu ditandai dengan garis-garis berwarna emas

3. Heat Sink

Pada jenis VGA card yang gres dilengkapi dengan heat sink yang berfungsi untuk meratakan suhu yang ada pada graphics processing unit (GPU). Biasanya heat sink juga dilengkapi dengan sebuah kipas yang membantu untuk mengeluarkan udara panas yang ada pada VGA card.

Namun pada beberapa jenis VGA card yang berkualitas rendah tidak dilengkapi dengan heat sink, tetapi hanya memakai cairan pendingin sebagai gantinya.

4. Memory

Memory yaitu daerah dimana semua tekstur dan informasi grafis disimpan. GPU mengambil data dari memori kemudian memprosesnya kemudian disimpan kembali di memori untuk kemudian disalurkan ke RAMDAC sehingga sanggup tampil dilayar monitor anda.

RAMDAC merupakan kependekan dari Random Access Memory Digital to Analog Converter. Yang mana berperan untuk mengontrol gambar digital untuk kemudian dikonversi menjadi signal analog sehingga gambar tersebut sanggup tampil di monitor.



Jenis - Jenis (Nama) Slot VGA Card

1. ISA

 yaitu sebuah perangkat keras komputer yang mempunyai kiprah untuk mengolah suatu data gra Pengertian VGA Card, Fungsi VGA dan Cara Kerja VGA Card

Slot Industry Standard Architecture (ISA) dulunya merupakan standard slot VGA card pada sekitar selesai tahun 1980-an. Namun slot jenis ini sudah tidak lagi dipakai pada motherboard ketika ini. VGA card dengan jenis ISA ini bisa mengirimkan data 2 hingga 3 megabytes per detik.


2. PCI

 yaitu sebuah perangkat keras komputer yang mempunyai kiprah untuk mengolah suatu data gra Pengertian VGA Card, Fungsi VGA dan Cara Kerja VGA Card

Slot Pheriperal Component Interconnect (PCI) slot menggantikan kiprah dari slot ISA sebagai standar slot VGA card pada awal tahun 1990-an. Slot jenis ini dirancang biar GPU sanggup lansung mengambil data dari memory tanpa harus memakai CPU.

Hal ini tentu akan menciptakan CPU lebih longgar untuk mengolah data yang lain. PCI bisa menghantarkan data hingga 132 megabytes per detik, yang mana merupakan peningkatan yang sangat besar bila dibandingkan dengan slot ISA.


3. AGP

 yaitu sebuah perangkat keras komputer yang mempunyai kiprah untuk mengolah suatu data gra Pengertian VGA Card, Fungsi VGA dan Cara Kerja VGA Card

Slot Accelerated Graphics Port (AGP) slot agp ini pertama kali diperkenalkan pada sekitar tahun 1996. Seiring dengan berkembangnya jaman, AGP juga mengalami peningkatan dan mempunyai 4 macam versi berdasarkan speednya, yaitu AGP 1X, 2X, 4X, dan 8X. Angka tersebut mewakili kecepatan dari AGP itu sendiri. AGP 8X merupakan yang tercepat dengan kecepatan transfer hingga 2,1 gigabytes per detik.


4. PCI Express (PCIe)

 yaitu sebuah perangkat keras komputer yang mempunyai kiprah untuk mengolah suatu data gra Pengertian VGA Card, Fungsi VGA dan Cara Kerja VGA Card

PCI Express merupakan jenis slot VGA card yang paling terbaru, pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004. PCI Express ini merupakan peningkatan teknologi dari jenis PCI yang lama.

Diantara peningkatan tersebut ialah pada kemampuannya untuk melaksanakan transfer data. Untuk versi PCI Expresss X16 sendiri bisa untuk melaksanakan transfer data hingga 4 gigabytes per detik

1 Response to "Pengertian Vga Card, Fungsi Vga Dan Cara Kerja Vga Card"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel