Manfaat Jaringan Komputer Yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Jaringan Komputer Yang Harus Anda Ketahui Manfaat Jaringan Komputer Yang Harus Anda Ketahui


Dalam perkembangan jaringan komputer tentunya tidak semudah yang kita pikirkan menyerupai terusan jaringan komputer yang ketika ini kita gunakan, tidak eksklusif tercipta begitu saja. Lihat sejarah perkembangan jaringan komputer.

Saat ini insan tidak sanggup lepas dari tugas jaringan dalam kehidupan sehari - hari. Begitu banyak manfaat yang sanggup kita rasakan, nah disini saya akan mengembangkan manfaat adanya jaringan komputer yang akan di jelaskan sebagai berikut.

Manfaat Jaringan Komputer
  1. Pembagian Sumber / Sharing Resources

    Pembagian sumber atau sharing resources memungkinkan pengguna (user) sanggup mengakses satu komputer / printer / harddisk dan peralatan lainnya secara bersama - sama. Yang berarti satu printer sanggup dipakai bersama - sama oleh semua pengguna dimanapun, contohnya pengguna di gedung A sanggup memakai printer yang berada di gedung B.
  2. Sebagai Media Komunikasi

    Pernahkah anda mengambil uang di ATM atau mengambil uang secara eksklusif dari suatu Bank ? Padahal anda menabung di Bank pada lokasi yang lain, tetapi jumlah uang tersebut sama dan sesuai dengan perhitungan anda. Hal ini sebab adanya komunikasi antara mesin ATM dan peralatan komputer yang berada di Bank tersebut. Transaksi pengambilan uang yang dilakukan secara eksklusif dan akurat dinamakan transaksi secara online, yang artinya perubahan transaksi data yang terjadi ketika itu akan mengubah data pada komputer utama (server) pada ketika yang sama.

    Adanya jaringan komputer juga memungkinkan berlangsungnya teleconference, ialah suatu teknologi komunikasi antara dua orang yang berada di kawasan atau negara yang berlainan sehingga sanggup saling bertatap muka secara eksklusif melalui komputer.
  3. Integrasi Data

    Proses transaksi data dengan memakai jaringan komputer, memungkinkan pengolahan data sanggup dilakukan dan didistribusikan ke beberapa komputer yang tidak hanya ke satu komputer tertentu saja. Adapun proses ini menimbulkan terjadinya integrasi data yang memungkinkan pengaksesan data secara sempurna dan akurat.
  4. Keamanan Data

    Tidak dipungkiri bahwa adanya jaringan komputer sanggup mengakibatkan penyebaran virus secara cepat ke semua komputer. Hal ini sanggup diatasi dengan sistem jaringan komputer yang sanggup menunjukkan proteksi terhadap data. Karena dukungan dan pengaturan hak terusan kepada para pemakai, serta teknik proteksi terhadap harddisk sehingga data mendapat proteksi yang efektif.
  5. Efisiensi Sumber Daya

    Adanya sharing resources mengakibatkan efisiensi dalam pengadaan sumber daya. Misalnya suatu perusahaan tidak perlu hingga membeli sepuluh printer untuk sepuluh komputer, akan tetapi cukup membeli satu printer saja untuk sepuluh komputer.

0 Response to "Manfaat Jaringan Komputer Yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel