Pengertian Cd/Dvd Rom, Fungsi Dan Cara Kerja Cd/Dvd Rom

Mendengar kata CD / DVD ROM bagi kalian pengguna aktif komputer, mungkin nama alat ini bukan lagi suatu nama yang asing, pasalnya pada setiap perangkat komputer niscaya terdapat perangkat keras CD/DVD ROM. Pada pada dasarnya alat ini mempunyai fungsi sebagai alat atau media yang digunakan untuk membaca atau memutar keping CD/DVD pada perangkat komputer.

Pada kesempatan kali ini, aku akan mencoba menjelaskan pengertian dan perbedaan CD/DVD ROM. Semoga pembahasan kali ini sanggup bermanfaat untuk kalian semuanya. Bagi kalian yang belum sempat membaca artikel sebelumnya kalian bisa membacanya pada artikel Pengertian Card Reader, Manfaat dan Cara Kerja Card Reader .


Baca Juga Artikel Lainnya:


 DVD ROM bagi kalian pengguna aktif komputer Pengertian CD/DVD ROM, Fungsi dan Cara Kerja CD/DVD ROM

Pengertian CD / DVD ROM Drive

1. Pengertian ROM

ROM  atau kepanjangan dari kata ' Read Only Memory ' yakni satu perangkat keras pada komputer atau PC yang berbentuk chip memori semikonduktor dan isinya cuma sanggup di baca saja (tidak bisa menulis data). ROM tidak bisa dikelompokkan jadi RAM (Random Access Memory), meskipun keduanya mempunyai persamaan yakni bisa diakses dengan acak atau random


Baca Juga Artkel Lainnya:

2. Pengertian CD ROM Drive

CD ROM yaitu satu perangkat keras didalam komputer yang berperan untuk memutar serta membaca piringan CD. CD ROM singkatan dari COMPACT DISK READ ONLY MEMORY. Dalam hal ini, kata READ ONLY MEMORY tersebut bermakna kalau alat ini cuma sanggup digunakan untuk membaca saja, serta tidak sanggup menulis.

Selain pengertian diatas, ada juga yang mendefinisikan CD-Rom merupakan abreviasi dari “compact disc read-only memory” yang mana media ini merupakan sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang sanggup menyimpan data.

Perlu kalian ketahui, bahwa CD-Rom Drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja, secara garis besar CD-Rom dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan yaitu, ATA/IDE dan SCSI. Yang paling mendasari dari perbedaan tersebut yaitu proses kecepatannya, kalau jenis ATA memiliki kecepatan 100-133Mbps sedangkan untuk jenis SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps.

Untuk tipe SCSI biasanya ditemuka pada CR-RW drive, pada CD-Rom terdapat goresan pena 56X artinya kemampuan memperlihatkan kecepatan transfer data sebesar 56 x150 Kbps. Tipe CD-RW juga biasanya dibedakan berdasarkan kemapuan memperabukan dan membaca.

CD-W tipe 12x8x32 artinya mempunyai kemampuan memperabukan pada CD-Rom seccepat 12x, memperabukan pada CD-RW secepat 8x, dan membaca CD-R/CD-RW/dengan kecepatan maksimal 32x.

3. Pengertian DVD ROM Drive

DVD ROM Drive yaitu satu perangkat keras didalam komputer yang berperan untuk membaca atau memutar piringan CD/DVD. DVD yaitu singkatan dari Digital Versatile Disc. Berlainan dengan CD ROM Drive, DVD DRIVE sanggup digunakan untuk membaca Keping CD dan juga keping DVD. Tetapi, kata ROM (read only memory) gres sanggup digunakan untuk membaca CD ATAU DVD.

DVD ROM sanggup memainkan piringan dari DVD yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan lebih baik dibandingkan dengan belahan CD. Kepingan DVD biasanya mempunyai kapasitas penyimpanan sekitar 4 GB.

4. DVD ROM Super Multi

Bila sebelumnya pembaca CD/DVD banyak kekurangannya menyerupai halnya tidak sanggup menulis sebuah data, ketika ini semuanya diperbaiki dengan munculnya DVD super multi. DVD super multi yaitu, pembaca optik belahan CD/DVD komputer yang sanggup digunakan untuk membaca serta menulis di beberapa type belahan menyerupai CD R, DVD R, DVD RW, sampai jenis Blue ray. 


Cara Kerja CD / DVD ROM

Membicarakan bagaimana cara kerja dari perangkat keras ini, Cara kerjanya hampir atau nyaris sama dengan cara kerja pada perangkat keras harddisk atau bahkan  floppy disk drive. Bedanya, pada bab yang diputarnya yaitu belahan CD / Keping DVD. Alat pembacanya juga bukan head magnet tetapi sinar laser yang berkekuatan kecil sehingga bisa mendeteksi belahan CD dan belahan DVD.


Baca Juga Artikel Lainnya :

Perbedaan CD/DVD R dan CD/DVD RW

1. CD R
Merupakan daerah penyimpanan data permanen dengan kapasitas 700Mb.


2. CD RW
Merupakan daerah penyimpanan data berkapasitas 700Mb. Yang membedakan antara CD R dan CD RW yaitu kalau data yang telah disimpan di CD R tidak bisa dihapus lagi ( telah permanen ). Sedangkan CD RW data yang telah tersimpan bisa sewaktu-waktu dihapus.


3. DVD R
Sama halnya dengan CD R, tetapi DVD R mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar yaitu sekitar 4,6Gb.


4. DVD RW
Merupakan daerah penyimpanan data dengan kapasitas sekitar 4,6GB. Yang membedakan antara DVD R dan DVD RW yaitu hanya dari segi penyimpanan data. Kalau di DVD R data yang tersimpan tidak bisa dihapus ( telah tersimpan dengan permanen ). 

Sedangkan DVD RW data yang tersimpan masih sanggup seaktu-waktu dihapus. Harganya juga berbeda, tetapi tidak terlalu jauh jaraknya.

0 Response to "Pengertian Cd/Dvd Rom, Fungsi Dan Cara Kerja Cd/Dvd Rom"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel