Pengertian Floppy Drive, Fungsi Floppy Drive Dan Cara Kerja Floppy Drive

Floppy Drive merupakan salah satu perangkat keras komputer yang dipakai sebagai media pembaca sebuah disket atau Floppy disk, dimana intinya floppy drive ini mempunyai fungsi yang sama dengan perangkat CD / DVD Rom. namun untuk ketika ini floppy drive sudah sangat jarang sekali penggunanya.

Dimasa kala jayanya perangkat keras ini merupakan sesuatu komponen yang sanggup dikatakan wajib terpasang pada sebuah komputer, dimana pada waktu dulu para pengguna komputer masih memakai Floppy disk sebagai daerah untuk menyimpan data atau besar sebab pada masa itu perangkat keras menyerupai flashdisk dan CD belum tercipta.

Namun kekurangan dari penyimpanan Floppy disk ini yaitu ruang penyimpanannya yang snagat minim sehingga para pengguna komputer pun tidak sanggup leluasa untuk menyalin semua filenya ke dalam Floppy Disk tersebut.


Baca Juga Artikel Lainnya : 


 merupakan salah satu perangkat keras komputer yang dipakai sebagai media pembaca sebuah Pengertian Floppy Drive, Fungsi Floppy Drive dan Cara Kerja Floppy Drive


Perlu anda ketahui bahwa Floppy Disk pertama di ciptakan oleh IBM pada tahun 1967 dan berukuran 8 inch. Kemudian di kembangkan menjadi 5.25 inch. sebab sifat kemasan yang fleksibel maka di beri nama disket. Tidak hingga pertengahan kala tahun 1980-an Floppy Disk berkembang lagi menjadi 3.5 inch yang lalu mengontrol pasar sepanjang kala 90-an.

Pada tahun 1971 IBM memperkenalkan ” memory disk ” pertama, yang lalu populer dengan floppy disk atau disket. floppy pertama merupakan disk plastik yang di lapisi besi magnetik oksida; data di tulis dan di baca dari permukaan disk. Nama “floppy” di ambil sebab sifatnya yang fleksibel.

Fungsi Floppy Drive

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa Floppy Drive ini mempunyai fungsi yang hampir sama dengan perangkat keras CD / DVD Rom, yakni sebagai media pembaca sebuah perangkat penyimpanan data yang dibentuk didalam bentuk disk, namun media penyimpanan yang digunakannya yaitu Floppy Disk.

Kekurangan dan Cara Perawatan Ploppy Drive

Disk drive sangat gampang terkena bubuk atau kotoran yang terbawa oleh disket sehingga sanggup menganggu fungsionalitas disk drive. Biasanya gejalagejala yang muncul akhir disk drive kotor yaitu disket tidak sanggup dibaca dan kadang kala error.

Langkah-langkah pembersihannya yaitu sebagai berikut:

  • Operasikan sistem komputer.
  • Masukkan disk cleaner yang telah diberi cairan pembersih ke drive A.
  • Pilih drive A:\ sehingga komputer akan membaca drive A.

0 Response to "Pengertian Floppy Drive, Fungsi Floppy Drive Dan Cara Kerja Floppy Drive"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel