Pengertian Ram, Fungsi Ram Dan Cara Kerja Ram (Random Access Memory)

Random Acces Memory atau RAM ialah sebuah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk penyimpanan data dan sebuah isyarat - intruksi agenda yang sedang kita jalankan dan sebelumnya sudah di sanksi oleh sebuah Processor.

Sementara itu sifat penyimpanan pada RAM ialah bersifat sementara, dalam arti yang luas ketika kita masih melaksanakan suatu proses pada sebuah komputer, data yang kita jalankan untuk sementara di simpan pada RAM namun bila komputer sudah dimatikan maka data yang tersimpan di RAM tersebut secara otomatis akan hilang dan bila akan melaksanakan penyimpanan terhadap suatu data, maka data tersebut akan dilakukan penyimpanan pada Hard Disk, dimana hard disk merupakan sebuah perangkat keras komputer yang difungsikan sebagai media penyimpanan utama (permanen).

Jika dilihat secara umum RAM atau Random Access Memory bisa didefinisikan sebagai perangkat dalam sebuah perangkat komputer atau gadget yang sanggup mengakses memori secara acak dengan cepat, perlu anda ketahui bahwa terkadang RAM juga disebut sebagai memori utama dalam sebuah perangkat.

Kemampuan RAM sendiri intinya difungsikan untuk mengakses data secara acak sehingga sanggup menampilkan data secara lebih cepat. Selain itu RAM juga sanggup menyimpan data sementara pada perangkat ketika perangkat tersebut menyala dan data belum sempat disimpan pada harddisk. Dapat dikatakan bahwa RAM ialah perangkat memori yang paling cepat dalam suatu komputer dibandingkan dengan jenis perangkat memori lain menyerupai HDD atau Hard Disk Drive dan SSD atau Solid State Drive


RAM juga intinya telah disetting sebagai memori utama atau primary memory pada sebuah perangkat komputer maupun gadget, yang artinya bila sebuah RAM memiliki kapasitas lebih besar maka sudah bisa dipastikan kinerja komputer atau gadget pun akan semakin lancar.

Fungsi RAM Secara Umum

  • Fungsi dari RAM ialah sebagai media yang dipakai untuk mempercepat pemrosesan data pada komputer ataupun laptop. Semakin besar RAM yang kita miliki, maka semakin cepat juga proses kinerja komputer tersebut.
  • Fungsi yang kedua ialah sebagai daerah penyimpanan data sementara pada komputer, ketika si pengguna komputer sedang melaksanakan sebuah perintah didalam aplikasi sebelum disimpan pada penyimpanan utama atau hard disk

Fungsi RAM Secara Khusus

  • Sebagai Media Untuk Membaca Data
Perlu anda ketahui bahwa suatu data yang tersimpan dalam harddisk biasanya akan lebih usang ditampilkan sebab bisa dikatakan harddisk ialah perangkat memori penyimpanan yang bekerja dengan lamban.

Hal ini dikarenakan dalam harddisk tersimpan banyak data dan diharapkan waktu untuk menemukannya terutama bila data mengalami fragmentasi (Pemecahan Data/Bagian). Untuk mengurangi kelambatan dalam sebuah proses pemanggilan data, sehabis suatu file atau data pertama kali dibuka, data akan dibaca dan disimpan terlebih dahulu pada RAM dengan sifat sementara sehingga data tersebut akan lebih cepat diakses ketika agenda masih berjalan dan komputer belum dimatikan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa RAM berfungsi dengan sangat cepat, bahkan lebih cepat dari solid state drive sehingga data yang sedang dibaca dan dibuka dalam sebuah agenda akan tetap berjalan dan sanggup dibuka kembali dengan cepat ketika berpindah dari satu agenda ke agenda lainnya (Multitasking) selama agenda tersebut tidak ditutup.


  • Sebagai Media Untuk Penyimpanan Sementara
Selain membaca data, RAM juga berfungsi sebagai daerah penyimpanan data sementara ketika suatu agenda sedang dijalankan.

 ialah sebuah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk penyimpanan data dan s Pengertian RAM, Fungsi RAM dan Cara Kerja RAM (Random Access Memory)

Dalam kasus ini saya contohnkan, Misalnya ketika kita sedang melaksanakan pengetikan text pada Microsoft Word atau agenda lainnya, maka kata-kata yang dituliskan akan tersimpan pada agenda tersebut meskipun penyimpanan bersifat sementara dan tidak permanen. Dengan menyimpan data secara sementara pada RAM maka agenda sanggup berjalan dengan lebih cepat dan responsive.

Mengingat sifat penyimpanan pada RAM ialah sementara, untuk melaksanakan safety dalam pekerjaan, sebaiknya jangan lupa untuk menyimpan data dalam format yang permanen sebab insiden yang tidak diinginkan contohnya listrik mati atau hal-hal lain bisa menimbulkan data hilang dan tidak bisa diakses kembali, sebab belum memiliki softcopy-nya.


Baca Juga Artikel Lainnya : 


Cara Kerja RAM (Random Acces Memory)

Pada ketika kita menyalakan komputer, device yang pertama kali bekerja ialah Processor. Processor berfungsi sebagai pengolah data dan meminta data dari storage, yaitu Hard Disk (HDD). Artinya data tersebut dikirim dari Hard Disk sehabis ada undangan dari Processor.

Tapi prakteknya hal ini sulit dilakukan sebab perbedaan teknologi antara Processor & Hard Disk. Processor sendiri ialah komponen digital murni, dan akan memproses data dengan sangat cepat (Bandwidth tertinggi P4 ketika ini 6,4 GB/s dengan FSB 800MHz).

Sedangkan Hard Disk sebagian besar teknologinya merupakan mekanis yang tentu cukup lambat dibandingkan digital (Bandwidth atau Transfer Rate HDD Serial ATA berkisar 150 MB/s). Secara teoritis kecepatan data Processor berkisar 46x lebih cepat dibanding HDD. Artinya, apabila Processor menunggu pasokan data dari HDD akan terjadi “Bottle-Neck” yang sangat parah.

Untuk mengatasi keadaan itu, diharapkan device Memory Utama (Primary Memory) atau disebut RAM. RAM merupakan abreviasi dari Random Access Memory. RAM berfungsi untuk membantu Processor dalam penyediaan data “super cepat” yang dibutuhkan. RAM berfungsi layaknya menyerupai HDD Digital, sebab seluruh komponen RAM sudah memakai teknologi digital.

Dengan RAM, maka Processor tidak perlu menunggu kiriman data dari HDD. Saat ini RAM DDR2 memiliki bandwidth 3,2 GB/s (PC400), biar tidak menganggu pasokan maka ketika ini Motherboard memakai teknologi Dual Channel yang sanggup melipatgandakan bandwidth menjadi 2x dengan memperbesar arsitektur menjadi 128-bit. Itu artinya, 2 keping DDR2 dalam mode Dual Channel sanggup memasok data dalam jumlah yang pas ke Processor (3,2 GB/s x Dual Channel = 6,4 GB/s).

0 Response to "Pengertian Ram, Fungsi Ram Dan Cara Kerja Ram (Random Access Memory)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel