Pengertian Processor, Fungsi Processor Dan Cara Kerja Processor

Processor adalah sebuah perangkat keras komputer atau hardware yang menjadi otak utama dari sebuah perangkat komputer, dimana kiprah utama processor yaitu sebagai media yang mendapatkan segala seruan yang dikirimkan oleh sistem komputer dan sebagai daerah dimana segala pemrosesan acara yang sedang berjalan pada komputer.

Pada dasarnya sebuah Processor akan sanggup berjalan dengan baik pada sistem komputer bila semua komponen pelengkapnya sudah terpasang, processor juga  merupakan sebuah IC yang mempunyai kemampuan untuk mengontrol seluruh jalannya semua acara pada sistem komputer juga sebagai daerah untuk melaksanakan perhitungan dan menjalankan kiprah dari sistem komputer. Letak sebuah processor terdapat pada bab socket yang telah disediakan dan disetting pada bab mainboard atau papan induk.


Otak komputer atau lebih familiar dengan nama Processor ini memang sangat mempunyai peranan penting untuk sebuah perangkat komputer. perangkat keras yang satu ini juga menjadi perangkat keras yang sangat vital selain untuk kelancaran proses dari perangkat komputer.

Jika kita lihat dari namanya saja, perangkat keras yang satu ini, bisa didefinisikan sebagai suatu perangkat keras yang berfungsi sebagai media untuk melaksanakan proses yang diminta oleh suatu sistem komputer dan sebagai media yang menjadi wadah segala acara yang sedang berjalan pada perangat komputer.


adalah sebuah perangkat keras komputer atau hardware yang menjadi otak utama dari sebuah p Pengertian Processor, Fungsi Processor dan Cara Kerja Processor

Sejarah Singkat Processor

Pada tahun 1971, komponen yang disebut sebagai mikroprocessor untuk pertama kalinya dibentuk oleh para teknisi dari perusahaan elektronik Intel. Mikroprosesor merupakan sebuah IC  atau Integrated Circuit yang difungsikan sebagai otak atau media pengolah utama dalam sebuah sistem komputer. Untuk pertama kalinya chip tersebut diberi nama Intel 4004 dan didesain oleh Ted Hoff, Federico Faggin, dan Stan Mazor.


Dibawah ini merupakan garis besar perjalanan dan perkembangan sejarah microprocessor dari generasi ke generasi :
  • Tahun 1971, Intel meluncurkan mikroprocessor pertama di dunia, 4-bit 4004,yang didesain oleh Federico Faggin.
  • Tahun 1974, Intel memperkenalkan processor 8-bit 8080, dengan4.500 transistor yang mempunyai kinerja 10 kali pendahulunya.
  • Tahun 1980, Intel memperkenalkan 8087 math co-processor.
  • Tahun 1982, Intel memperkenalkan processor 16-bit 80286 dengan 134.000 transistor.
  • Tahun 1985, Intel keluar dari bisnis RAM dinamis untuk fokus pada mikroprocessor, dan risikonya ia mengeluarkan processor 80386, sebuah chip 32-bit dengan 275.000 transistor dan kemampuan menjalankan aneka macam macam acara sekaligus.
  • Tahun 1998, Intel memperkenalkan processor Celeron.
  • Tahun 2004, AMD mendemonstrasikan x86 dual-core processor chip.
  • Tahun 2005, Intel menjual processor Dual-Core pertamanya.
  • Tahun 2006, Intel memperkenalkan processor core 2 duo.
  • Tahun 2007, Intel memperkenalkan processor core 2 quad.

Perkembangan Generasi Processor Komputer
  • Microprocessor 4004 (1971)
  • Microprocessor 8008 (1972)
  • Microprocessor 8080 (1974)
  • Generasi Pertama (processor 8088 dan 8086)
  • Generasi Kedua (processor 80286)
  • Generasi Ketiga (processor 80386 DX dan 80386 SX)
  • Generasi Keempat (80486 DX, 80486 SX, Cyrix 486SLC, dan IBM 486SLC2)
  • Generasi Kelima (Cyric 6×86, AMD, AMD K5, Pentium MMX, IDT Winchip, AMD K6, Cyric 6×86 MX, dan AMD K6-2.)
  • Generasi Keenam (Pentium II, Celeron A:Medocino, Celeron PPGA:Socket 370, Xeon, AMD K6-3, dan Katmai.)
  • Generasi Ketujuh (AMD K7 Athlon)
  • Generasi Kedelapan (Intel core 2 duo, Conroe, Conroe XE, AMD Athlon 64, dan Pentium 4 Prescott.)
  • Generasi Kesembilan (Intel core i3, Intel core i5, Intel core i7 Intel core i9.)


Bagian - Bagian Penting Processor

  • ALU atau Aritcmatics Logical Unit , yaitu sebuah alat yang mempunyai kiprah dasar untuk menjalankan fungsi aritmatika, menyerupai tambahan, perkalian dan sebagainya. dipakai juga untuk fungsi logis menyerupai NOT, AND, OR dan yang terakhir sebagai fungsi perbandingan menyerupai melaksanakan perbandingan isi dari dua slot untuk melaksanakan kesetaraan.
  • CU atau Control Unit , merupakan suatu media untuk melaksanakan sebuah pengontrolan dimana intinya yaitu sebagai daerah untuk memberitahukan unit masukan mengenai suatu jenis data, daerah dan waktu pemasukkan sebuah penyimpanan didalam penyimpanan utama.
  • MU atau Memory Unit, merupakan bab dari vital dari sebuah processor yang dimana mempunyai kiprah untuk menyimpan suatu alamat-alamat register sebuah data yang sebelumnya telah  diolah oleh bab ALU dan bab CU.

Jenis - Jenis Processor

  • Jenis Socket, jenis yang satu ini mempunyai bentuk fisik yang berbentuk persegi sama sisi yang dimana pada bab bwahnya mempunyai sebuah pin yang menjadi konektor
  • Jenis Slot, jenis yang kedua ini berbentuk menyerupai batangan yang pemasangannya ditancapkan pada bab port khusus yang telah disediakan oleh slot model processor. intinya processor dengan jenis slot ini banayk dtemukan pada komputer yang masih mempunyai jenis pentium II dan III


Fungsi Utama Processor

Perlu anda ketahui, bahwa Fungsi Processor dan Bagiannya terdiri dari tiga bab utama yakni:

Control Unit (CU)

Semua peralatan pada sistem komputer dikendalikan dan diatur oleh bab ini. Perpindahan data dari memori utama dihukum di bab CU ini. Untuk lalu dikirim kembali hasilnya ke memori utama. Setelah itu layar monitor akan menampilkan hasil outputnya atau harddisk akan menyimpan data hasil olahan tersebut.


Arithmatic and Logical Unit (ALU)

Perhitungan matematika / aritmatika  semuanya dilakukan pada Bagian ALU ini, tanpa terkecuali. Selain itu, apabila acara / software yang sedang kita gunakan mengalami persoalan maka akan ada Informasi Peringatan Kesalahan (Error Warning) yang tampil di monitor, yang kesemuanya itu dilakukan di bab ALU ini. Intinya, bab ALU ini merupakan bab LOGIKA (pengambil keputusan).


Registry (Register)

Register merupakan daerah ngantri data-data yang akan diproses, sebelum data tersebut masuk ke memori utama. Walaupun bab ini merupakan media penyimpanan kecil namun mempunyai kecepatan jalan masuk tinggi.


Penjelasan Sepesifik Fungsi Processor

Fungsi Processor jika dilihat dari dominasinya, tentu processor ini sangat mayoritas dan utama, alasannya yaitu tanpa Processor maka komputer sama saja menyerupai insan yang kehilangan otaknya. Karena pada processor itulah semua pengendalian dan pemrosesan terjadi. Bedanya processor dengan otak yaitu processor hanya berfungsi sebagai pemroses data saja, lalu data tersebut dikirimkan ke memori utama kembali. Processor tidak bisa menyimpan data menyerupai halnya otak manusia.

Pada umumnya fungsi processor (prosesor) yaitu hanya untuk memproses data yang diterima dari masukkan atau di input, lalu akan menghasilkan pengeluaran berupa output.

prosesor tidak sanggup bekerja sendiri namun membutuhkkan sumbangan maupun terus berafiliasi dengan komponen lain terutama hardisk dan RAM. Dalam memproses sebuah data sanggup dilakukan dengan waktu proses cepat atau lambat tergantung kecepatan prosesor tersebut.

Untuk ketika ini kecepatan processor yang paling tinggi ada di kecepatan 4 Gigahertz (GHz) artinya sanggup membaca kurang lebih sekitar 4000 miliar perintah dalam sekali pengerjaannya, merupakan angka fantastis dalam perkembangan tekhnologi didunia. Bagi para gamer, niscaya sudah familiar dengan istilah, “greater processor, greater gaming experience”, lantaran sebuah game niscaya sangat kuat dengan kapasitas prosesor sebuah komputer.

Untuk segi pengembang atau perusahaan khusus produksi prosesor ada 2 perusahaan populer yaitu kepetangan dan AMD. Dari 2 perusahaan inilah banyak membanjiri pasaran processor. Produk ke-2nya tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Ada yang bilang kalau ketahanan untuk di pakai berjam-jam maupun berhari-hari kepetangan lebih sanggup mendapatkan amanah sedangkan bagi para gamers AMD jadi pilihannya lantaran lebih baik dalam memproses grafik.

Cara Kerja Processor

Perlu anda ketahui sebelumnya, bahwasannya processor ini tidak sanggup bekerja tanpa adanya suatu komponen pemanis menyerupai RAM dan harddisk, dari ketiga kompnen komputer diatas, merupakan suatu komponen yang mempunyai jalur kinerja yang saling terhubung satu sama lain dalam melaksanakan suatu proses data atau dokumen pada komputer.

Fungsi utama dari sebuah Processor bisa diartikan sebagai otaknya perangkat komputer, yang dimana kiprah utamanya mendapatkan sebuah data yang lalu akan diproses untuk dikirimkan ketempat penyimpanan RAM bahkan harddisk sekalipun.

Dalam konteks yang sebenarnya, bahasa yang bisa dikenali dan dideteksi oleh processor yaitu berupa angka 1 dan angka 0 yang mana kedua angka tersebut dikenal dengan bilangan biner.

0 Response to "Pengertian Processor, Fungsi Processor Dan Cara Kerja Processor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel