Pengertian Heatsink Fan, Fungsi Heatsink Fan Dan Cara Kerja Heatsink

Heatsink Fan merupakan salah satu perangkat keras komputer yang mempunyai bentuk menyerupai kipas dan materi logam yang dipakai sebagai rujukan kipas tersebut terbuat dari tembaga dan alumunium, tujuan awal diciptakannya fan yaitu untuk meberikan suhu masbodoh pada sebuah processor sehingga kinerja dari processor sanggup lebih stabil dan suhu pansa yang dukeluarkan dari processor sanggup di sebar serta dikeluarkan oleh heatsink fan ini.

Sementara cara kerja fan untuk mengeluarkan panas yang dikeluarkan processor pun terbilang cukup unik, yakni dengan cara mengalirkan suhu panas tersebut melalui komponen tembaga dan alumunium yang terpasang pada fan tersebut, kemudian suhu panas yang sudah melekat pada logam tersebut akan tersapu oleh angin kipas yang fan tersebut sehingga suhu panas tersebut sanggup keluarkan dan diserap oleh cashing CPU.


Fungsi Utama Heatsink Fan

Fungsi utama dari heatsink fan ini yaitu sebagai perangkat keras komputer yang dipakai untuk membantu meringankan sebuah proses dari Processor agar tidak terlalu menahan banyak beban panas. Proses ini pun dengan terang sanggup kita logika kan kalau suatu permukaan yang dipakai sebagai media perpindahan panas tersebut semakin luas maka akan semakin cepat juga suatu proses pendinginan pada suatu komputer. 

Cara kerja Heatsink Fan

Cara kerja Heatsink pada sebuah perangkat komputer yaitu melaksanakan sebuah proses pendinginan pada ketika perangkat komputer sedang beroperasi. kalau pada suatu perangkat komputer tidak menghasilkan suatu panas maka heatsink pun tidak akan melaksanakan sebuah putaran.

Perangkat keras ini akan mendapatkan suatu panas dari sebuah processor, kemudian panas yang dihasilkan oleh perangkat processor ini akan menyebar pada seluruih bab perangkat heatsink sehingga panas tersebut akan berkumpul pada bab inti heatsink, sedangkan yang bekerja untuk membuangnya yaitu FAN yang terdapat pada heatsink tersebut, dalam istilah lain FAN sanggup dikatakan sebuah kipas kecil yang melekat pada bab atas heatsink.

Spesifikasi Heatsink Fan

Dilihat dari segi Bentuk

Jika kita melihat perangkat keras heatsink ini dari Bentuknya desain perangkat heatsink ini tentunya mempunyai tampilan fisik yang berbeda-beda, tergantung vendornya masing - masing. Ponit pertama ini juga berlaku kalau anda melihat Bentuk heatsink pada perangkat laptop dan komputer desktop tentunya bentuuk ini mempunyai perbedaan yang sangat jauh sekali.


Dilihat dari segi Bahannya

Setelah pada bab pengertian dan fungsi utama kita telah membahasnya, maka pada bab ini kalau kita melihat spesifikasi dari segi bahannya, maka sudah kita ketahui bahwasannya Bahan utama yang paling sering dipakai untuk pembentukan / pembuatan perangkt heatsink ini yaitu tembaga dan alumunium. lasan dari kedua materi ini dijadikan materi utamanya alasannya kedua materi utama ini sanngat efektif dan memang cepat dalam melaksanakan perembesan panas.

Dan terdapat kelebihan juga pada materi alumunium, materi ini memang mempunyai sifat yang tidak terlalu cepat dalam melaksanakan perembesan suatu panas, tetapi alumunium ini mempunyai sifat yang sangat baik dan cepat dalam melakyukan pembuangan terhadap panas.

0 Response to "Pengertian Heatsink Fan, Fungsi Heatsink Fan Dan Cara Kerja Heatsink"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel