Jaringan Lan

Jaringan LAN ialah istilah kebanyakan orang indonesia yang maksudnya ialah Jaringan Wilayah Lokal atau dalam bahasa inggris LAN (Lokal Area Network), yaitu jaringan komputer yang hanya meliputi wilayah kecil, menyerupai jaringan komputer kampus, warnet, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.

Saat ini kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet memakai perangkat hub atau switch, yang memiliki kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, ketika ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering dipakai untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot. Biasanya LAN dengan teknologi Wi-fi sudah diterapkan di tempat-tempat menyerupai mal, cafe, kampus dll.

Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer memiliki daya komputasi sendiri. Setiap komputer juga sanggup mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak jalan masuk yang telah diatur. Sumber daya tersebut sanggup berupa data atau perangkat menyerupai printer atau scanner. Pada LAN, seorang pengguna juga sanggup berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan memakai aplikasi yang sesuai.

LAN memiliki karakteristik sebagai berikut :
1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan dipakai menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut. Dan jikalau server itu dihubungkan ke internet, semua komputer dalam jaringan LAN tersebut sanggup ikut terhubung ke internet hanya dengan satu modem di server.

0 Response to "Jaringan Lan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel