Pengertian Jaringan Soho (Small Office Home Office)

Jaringan SOHO (Small Office Home Office) merupakan jaringan sederhana yang memakai perangkat keras switch untuk mengakses layanan broadband kantor kecil misalnya yakni rumah. Jaringan Soho membutuhkan Router Mikrotik, Internet, PC client, PC server. 

Dibawah ini yakni klarifikasi perihal Jaringan topologi SOHO. 

Pengertian SOHO 

SOHO (Small Office Home Office) adalah istilah yang mengacu pada bisnis atau perjuangan kecil yang dilakukan dirumah. Mobilitas kita yang semakin tinggi dan semakin terbatasnya jarak dan waktu menciptakan rumah sanggup sebagai pilihan untuk melaksanakan perjuangan dengan nilai strategis yang tinggi. Beberapa sobat menyampaikan ada beberapa laba yang sanggup di sanggup dengan memakai konsep ini, antara lain : 
  1. Kita sanggup menghemat waktu perjalanan dan menghindari kemacetan yang menjadi bab kehidupan di kota-kota besar. 
  2. Kita sanggup lebih fleksibel dalam mengatur waktu dan sanggup mengakibatkan nya part-time dari pekerjaan utama kita. 
  3. Suasana kantor dirumah menjadi nyaman alasannya yakni rumah kita sendiri dan erat dengan kehangatan keluarga.
Pada dasarnya jaringan SOHO memakai konsep jaringan sederhana yang biasanya memakai switch tunggal untuk mengakses layanan broadband kantor kecil atau rumah menyerupai DSL (Digital subscriber line) atau internet kabel. 

Jaringan SOHO juga memungkinkan mengembangkan sumber daya, menyerupai printer, dokumen, gambar dan musik sanggup di terusan antara beberapa komputer lokal.

merupakan jaringan sederhana yang memakai perangkat keras switch untuk mengakses layan Pengertian jaringan SOHO (Small Office Home Office)

Konsep sederhana jaringan SOHO sama menyerupai type jaringan LAN (Local Area Network) yang tidak terhubung dengan jaringan luar (internet). Topologi yang dipakai yaitu dengan menerapkan topologi star melalui koneksi ethernet atau wifi. Sehingga dengan menerapkan konsep menyerupai ini maka proses pengiriman data dari client ke server akan berlangsung cepat.

Untuk koneksi antara client dengan server harus dilakukan konfigurasi setiap perangkat dengan menambahkan ip address. Dimana dengan IP address ini maka setiap perangkat akan saling berafiliasi atau berkomunikasi.

Perangkat yang di butuhkan jaringan SOHO

1. PC SERVER

Yaitu perangkat yang berbentuk CPU yang berfungsi untuk kawasan penyimpanan data atau file aplikasi dan server inilah yang di terusan oleh semua client yang terhubung kedalam satu jaringan. Sehingga server harus cukup spesifikasi untuk sanggup menangani terusan dari client.

2. PC Client

Adalah perangkat yang dipakai oleh client untuk mengakses data ke server. Sama fungsinya menyerupai PC client, ada juga client memakai laptop atau smartphone memakai media wifi untuk koneksinya.

3. SWITCH

Switch dipergunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat menjadi dalam satu jaringan dengan memakai media kabel.

4. Wifi

Wi-Fi yakni perangkat yang dipakai untuk menyambungkan beberapa perangkat dengan memakai media wireless. Kemudahan dengan memakai media wireless yaitu perangkat yang terkoneksi dengan wireless lebih gampang untuk sanggup pindah tempat.

5. Router Mikrotik

Router yakni bertugas sebagai jembatan antara komputer jaringan lokal dengan komputer yang berada di jaringan lain. Dapat diartikan juga bahwa router yakni media penghubung dalam jaringan berskala besar dengan banyak sekali macam segmen ip yang berbeda-beda.

Mikrotik yakni sistem operasi dan perangkat lunak yang sanggup dipakai untuk mengakibatkan komputer menjadi router network yang handal, mencangkup banyak sekali fitur yang dibentuk untuk ip network dan jaringan wireless, cocok dipakai oleh ISP dan provider Hotspot.


Itulah klarifikasi perihal jaringan SOHO jika ada kesalahan kata atau salah memakai kalimat mohon maaf.

0 Response to "Pengertian Jaringan Soho (Small Office Home Office)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel