Kelebihan Dan Kekurangan Kabel Fiber Optik

Artikel kali ini aku akan membahas sedikit perihal kelebihan dan kekurangan kabel fiber optik. Sebelumnya aku sudah pernah menulis kan artikel tentang Pengertian kabel fiber optik Dan Fungsi Kabel Fiber Optik. 

Artikel kali ini aku akan membahas sedikit perihal kelebihan dan kekurangan kabel fiber o Kelebihan dan kekurangan kabel fiber optik


Dengan teknologi yang semakin hari semakin maju tentunya kita memakai kabel fiber optik untuk mendapat speed yang kencang, Teknologi fiber optik mempunyai ukuran yang kecil tetapi sanggup bisa menyalurkan data lebih cepat dibandingkan dengan kabel lain. 

Kenapa harus memakai kabel fiber optik

Kabel fiber optik banyak dipakai pada perusahaan besar atau pemerintahan besar yang membutuhkan kemampuan transfer data dengan sangat cepat. Teknologi fiber optik dipilih alasannya merupakan media pentransfer data yang paling efektif fiber optik mempunyai tingkat loss data dan gangguan yang rendah dan mempunyai bandwidth yang tinggi.

Kelebihan Kabel Fiber Optik 

Kabel fiber optic mempunyai kelebihan yang tidak di miliki oleh kabel lainnya, berikut ialah kelebihan dari kabel fiber optik : 
  • Kabel fiber optik sanggup bisa menyalurkan data yang lebih banyak dengan kecepatan tinggi, kecepatan fiber optik bahkan bisa mencapai Gbps, sehingga lebar pita (bandwidth) menjadi lebih besar.
  • Lebih aman, alasannya serat optik pada kabel tidak gampang terbakar dan tidak mengalirkan listrik sedikitpun.
  • Fiber optik mempunyai gangguan yang sedikit alasannya tidak terpengaruh sinyal elektromagnetik dan radio alasannya tidak memakai listrik melainkan memakai plastik dan cahaya 
  • Kabel fiber optik mempunyai ukuran yang lebih kecil di bandingkan dengan kabel lainnya, sehingga sanggup menghemat tempat.
  • Fiber optik yang sanggup mengalirkan sinyal lebih jauh kalau di bandingkan dengan kabel yang memakai sinyal listrik, Bahkan fiber optik tidak memerlukan repeater, kalau diharapkan repeater biasakan akan diletakan dijarak yang jauh sekitar 50-100KM.

Kekurangan Kabel Fiber Optik

Kabel fiber optik mempunyai kelebihan pastinya juga mempunyai kekurangan sama halnya dengan kabel lain yang mempunyai kelebihan dan kekurangan, berikut ialah kekurangan yang di miliki kabel fiber optik : 
  • Pemasangan serta perawatan untuk kabel fiber optik terbilang sulit, alasannya kalau terjadi kerusakan pada kabel fiber optik maka harus memanggil orang yang sudah berpengalaman dan mahir dalam bidang tersebut.
  • Memiliki harga yang relatif mahal kalau dibandingkan dengan kabel lainnya ibarat kabel UTP yang mempunyai harga yang terjangkau.
  • Kabel fiber optik tidak bisa di letakan di belokan yang tajam alasannya fiber optik memakai cahaya sebagai pengantar sinyal, kalau kabel di tekuk maka cahaya akan bocor dan akan mengalir ke tekukkan tersebut.

Itu beliau kelebihan dan kekurangan dari teknologi fiber optik semoga artikel ini sanggup bermanfaat untuk kaliaan yang sudah membaca nya. Jangan lupa untuk share artikel ini semoga orang lain tahu akan kelebihan dan kekurangan kabel fiiber optik ini.

0 Response to "Kelebihan Dan Kekurangan Kabel Fiber Optik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel