Pengertian Shell

Pengertian Shell? Emang, Pengertian Shell apaan yah? Merek oli? Hahahahahahahaa...... Pengertian Shell disini yakni Pengertian Shell dalam dunia sistem operasi komputer (red: Linux atau Unix). Mungkin bagi kakak-kakak sekalian yang sudah mendalami dunia sistem operasi berbasis Text atau CLI niscaya sudah tahu Pengertian Shell. Nah, bagi kakak-kakak yang belum tahu Pengertian Shell, akan aku bahas pada artikel aku kali ini. Okeh, tanpa basa-basi lagi silahkan membaca artikel aku mengenai Pengertian Shell :D



Shell, yakni aktivitas (penterjemah perintah)yang menjembatani user dengan sistem operasi dalam hal ini Kernel (inti dari sistem operasi), umumnya shell menyediakan prompt sebagai user interface, daerah dimana user sanggup mengetikkan perintah-perintah yang diinginkan baik berupa perintah internal shell (internal command), ataupun perintah sanksi file aktivitas (eksternal command), selain itu memungkinkan user menyusun sekumpulan perintah pada sebuah atau beberapa file untuk dihukum sebagai aktivitas .



Hehehehe, maaf ya Pengertian Shell-nya dari http://pemula.linux.or.id. Biar bahasanya lebih efektif dan teoritis. Hehehehehee.... Makara begini loh...
Pada sebuah sistem operasi, pastinya kita ingin melaksanakan sesuatu ibarat ingin menciptakan sebuah dokumen mendengarkan lagu lewat pemutar musik, menciptakan sebuah aplikasi memakai compiler, dan lain-lain. Itu semua anda awali pada sebuah perintah di Shell. Umumnya Shell ini diketik pada sebuah prompt (Lihat gambar).

 Pengertian Shell disini yakni Pengertian Shell dalam dunia sistem operasi komputer  Pengertian Shell


Nah, pola gambar diatas merupakan sebuah prompt pada Linux Mandriva saya. Hehehehe....
Duh, hampir lupa. Makara proses awalnya begini :



User-->Shell-->Sistem Operasi (Kernel)--> Output yang dihasilkan dari Kernel.


Contohnya begini, pada sistem operasi Windows XP, niscaya ada prompt command-nya (cmd). Nah, cmd itu merupakan pola Shell pada Windows. Anda sanggup mengetikkan perintah-perintah yang anda inginkan disana.
Contoh lain yakni file yang sanggup dihukum ibarat file berformat .EXE. Nah, pada aplikasi di Windows, kan ada tuh file .exe yang sanggup anda jalankan. Itu proses untuk menjalankannya dari Shell dulu kemudian Kernel akan memproses perintah yang anda jalankan tadi.


Logikanya gini loh. Misalnya anda ingin mengirim surat. Untuk mengirimnya, anda melalui kotak surat (Shell). Kemudian surat yang berada di kotak surat tersebut akan dibawa dan nantinya akan diproses oleh Tukang Pos (Kernel) kemudian dikirim ke alamat yang anda tuju (output yang dihasilkan dari Kernel).


Shell pada Linux atau Unix ada majemuk jenisnya. Seperti :


  • sh (Bourne Shell)
  • bash (Bourne again shell)
  • korn, dan sebagainya.

Tiap-tiap jenis Shell mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Disesuaikan pada kebutuhan saja. Pada Linux, jenis Shell yang sering dipakai yakni Shell bash. Karena perintah-perintahnya powerfull dan juga dipakai oleh banyak orang sehingga pemberian untuk shell bash ini banyak tersedia dan shell bash ini selalu di-update. 

Makara intinya, Shell ini dipakai sebagai jembatan antara user dengan Kernel untuk mendapat hasil atau output yang anda inginkan.



Okeh, sekian artikel aku mengenai Pengertian Shell. Kalau ada kesalahan apapun itu, mohon maaf dan mohon diralat yah. Karena aku juga masih belajar. Hehehehe.... :D

0 Response to "Pengertian Shell"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel