Perbedaan Jaringan Peer To Peer Dan Client Server

Jaringan Peer to Peer 

Jaringan P2P atau Jaringan Peer  to Peer  yaitu salah satu model jaringan komputer yang   terdiri dari dua atau lebih komponen komputer, yang dimana setiap station atau komputer yang terdapat didalam lingkungan jaringan tersebut sanggup saling berbagi. Bahkan untuk menciptakan jaringan dengan dua buah komputer, tidak diharapkan memakai 1kabel UTP yang dipasangkan pada kartu jaringan masing masing komputer.

Sistem jaringan ini, yang diutamakan yaitu Sharing resource dan service, ibarat penggunaan program, data dan printer secara bersama sama.

Jaringan peer to peer pertama kali di luncurkan dan di populerkan oleh aplikasi menyebarkan berkas (file sharing), ibarat Napster dan KazaA. Teknologi peer to peer atau yang sanggup di bilang dengan sebutan P2P memungkinkan para user untuk saling berbagi, mencari dan mengunduh berkas.



Jaringan peer to peer juga disebut dengan workgroup. Karena workgroup mempunyai konotasi yaitu kerja sama tanpa ada nya sentra kontrol (server). Peer to Peer sanggup di bangkit hanyan dengan sebuah sistem operasi yang terinstall didalam komputer dan terhubungnya beberapa komputer secara fisik.
Sistem jaringan ini biasa dipakai dirumah, kantor, sekolah. Pemakai komputer yang mempunyai sebuah komputer gres tidak perlu membuang komputer lamanya. Dengan memasang Network Card atau kartu jaringan pada komputer tersebut, maka kedua komputer sanggup dihubungkan dengan kabel khusus yang dipakai untuk sistem jaringan.

Karakteristik jaringan Peer to peer

  1. Tidak mempunyai sebuah komputer yang berfungsi sebagai server terdedikasi. 
  2. Setiap komputer dalam jaringan merupakan server dan  sekaligus juga klien.
  3. Tidak adanya kontrol pada pengaturan keamanan jaringan
  4. Tidak memerlukan spesifikasi komputer yang setara untuk sanggup terhubung dalam satu jaringan.

Pengertian Client server

Client Server yaitu suatu bentuk arsitektur jaringan, yang dimana client adalah sebuah perangkat yang mendapatkan yang akan menampilkan dan menjalankan suatu aplikasi.
Server yaitu komputer yang menyediakan kemudahan bagi komputer-komputer lain didalam jaringan dan client yaitu komputer-komputer yang mendapatkan atau memakai kemudahan yang disediakan oleh server. Server dijaringan tipe client-server disebut dengan Dedicated Server alasannya yaitu murni berperan sebagai server yang menyediakan kemudahan kepada workstation dan server tersebut tidak sanggup berperan sebagai workstation.

Karakteristik sistem jaringan client server

  • Sharing resources (sumber daya)
Server sanggup melayani beberapa client pada waktu yang sama, dan meregulasi saluran bersama untuk share sumber daya dalam menjamin konsistensinya.

  • Pesan berbasiskan komunikasi
Interaksi   server   dan   client   melalui   pengiriman   pesan   yang   menyertakan ajakan dan jawaban.

Sekian dari klarifikasi aku mengenai Perbedaan jaringan peer to peer dan client server 

0 Response to "Perbedaan Jaringan Peer To Peer Dan Client Server"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel