Tujuan Dan Macam Macam Komponen Dari Komunikasi Data

Tujuan dan macam macam komponen dari komunikasi data - Komunikasi di kalangan masyarakat mempunyai tujuan yang kasatmata dan ada juga yang mempunyai tujuan yang negatif itu tergantung bagaimana diri kita sendiri untuk memanfaatkan komunikasi. Komunikasi data juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya. 

Data ialah informasi yang disajikan dengan arahan digital biner dalam bentuk 0 dan 1.

Komunikasi ialah pertukaran data antara dua perangkat atau lebih melalui media transmisi tertentu misalnya media kabel. 

Komunikasi data adalah proses pengiriman informasi di antara dua titik memakai kode biner melewati akses transmisi dan peralatan switching, sanggup antara komputer dan komputer, komputer dengan terminal, atau komputer dengan peralatan, atau peralatan dengan peralatan.

Komunikasi data ketika ini menjadi bab dari kehidupan masyarakat, dikarenakan telah diterapkan dalam banyak sekali bentuk komunikasi misalnya : komunikasi antar komputer yang terkenal dengan istilah internet, Handphone ke komputer, Handphone ke Handphone, komputer atau handphone keperangkat lain misal: printer, fax, telpon, camera video dan sebagainya.

Tujuan Komunikasi data 

Tujuan dari komunikasi data ialah: 

1. Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar efesien, tanpa kesalahan dan hemat darisuatu daerah ketempat yang lain.

2. Memungkinkan penggunaan sistem komputer dan peralatan pendukung dari jarak jauh (remotecomputer use).

3. Memungkinkan penggunaan komputer secara terpusat maupun secara tersebar sehinggamendukung administrasi dalam hal kontrol, baik desentralisasi maupun sentralisasi.

4. Mempermudah kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada dalam berbagaimacam sistem komputer.

5. Mengurangi waktu untuk pengolahan data.

6. Mendapatkan data pribadi dari sumbernya (mempertinggi keahlian)

7. Mempercepat penyebarluasan informasi.

Komponen komunikasi data

Tujuan dan macam macam komponen dari komunikasi data Tujuan dan macam macam komponen dari komunikasi data
Sumber : harus di isi/search?q=macam-macam-komponen-komunikasi-data


1. Sumber (source) 

Suatu alat atau suatu komponen yang sanggup membangkitkan data atau informasi yang akan di transmisikan, sanggup berupa alat input pada komputer. Alat sanggup mengubah informasi video, audio, teks menjadi akses data untuk di proses atau di serahkan pada sistem komputer.

2. Pengirim (transmitter)

Suatu alat untuk memproses data atau informasi yang berasal dari sumber (source) semoga sanggup di salurkan oleh media transmisi ataupun sistem transmisi.

Dalam bentuk fisik nya sanggup berupa komputer personal yang sanggup mengolah segala bentuk informasi atau data, atau secara khusus sanggup berupa pesawat telepon untuk komunikasi dengan informasi dalam bentuk bunyi (voice).

3. Sistem transmisi 

Yang dimaksud sistem transmisi adalah  berupa jalur transmisi tunggal (single transmission line) atau jalur kompleks (complex network) yang sanggup menghubungkan sistem sumber dengan sistem tujuan, secara fisik sanggup berupa media wireline atau media wireless.

Jalur transmisi tunggal, maksudnya ialah antara perangkat pengirim(transmitter) dan penerima(receiver) itu satu jenis media dalam satu segmen jaringan. Sedangkan maksud dari jalur kompleks ialah sebuah perangkat pengirim dan akseptor dihubungkan oleh satu sistem

4. Penerima (receiver)

Alat untuk mendapatkan sinyal dari sistem transmisi dan di proses menjadi informasi yang sanggup ditangkap/ diproses oleh tujuan(destination). Dalam bentuk fisiknya penerima(receiver) sanggup berupa komputer personal untuk fungsi informasi secara umum.

5. Tujuan (destination)

Menangkap informasi yang dihasilkan oleh penerima, informasi yang diterima oleh perangkat tujuan selanjutnya diubah menjadi jenis informasi yang sama dengan informasi yang dikirimkan, Software aplikasi dipakai untuk menjembatani informasi ini menuju pengguna jaringan komputer.


Itulah klarifikasi singkat wacana macam macam komponen komunikasi data dan tujuan dari komunikasi data semoga sanggup bermanfaat. 

0 Response to "Tujuan Dan Macam Macam Komponen Dari Komunikasi Data"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel