Analisis Swot Beserta Manfaat Dan Contohnya
Pengertian Analisis SWOT Beserta Manfaat dan Contohnya – Analisis SWOT ialah suatu analisis di dalam administrasi perusahaan atau di dalam organisasi yang secara sistematis bisa membantu dalam perjuangan penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangkan panjang.
Definisi Analisis SWOT yang lainnya ialah sebuah bentuk analisa situasi dan juga kondisi yang bersifat deskriptif (memberi suatu gambaran). Analisa ini menempatkan situasi dan juga kondisi sebagai sebagai faktor masukan, kemudian kemudian dikelompokkan berdasarkan kontribusinya masing-masing. Satu hal yang perlu diingat baik-baik oleh para pengguna analisa ini, bahwa analisa SWOT ini semata-mata sebagai suatu sebuah analisa yang ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi, dan bukan sebuah alat analisa absurd yang bisa menunjukkan jalan keluar yang bagi permasalahan yang sedang dihadapi.
SWOT merupakan abreviasi dari:
SWOT merupakan abreviasi dari:
- S = Strength (kekuatan)
- W = Weaknesses (kelemahan)
- O = Opportunities (Peluang)
- T = Threats (hambatan)
4 Komponen Analisis SWOT
- Strenght (S), yaitu analisis kekuatan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada ketika ini. Yang perlu di lakukan di dalam analisis ini ialah setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan para pesaingnya. Misalnya kalau kekuatan perusahaan tersebut unggul di dalam teknologinya, maka keunggulan itu sanggup di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan juga kualitas yang lebih maju.
- Weaknesses (W), yaitu analisi kelemahan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada ketika ini. Merupakan cara menganalisis kelemahan di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi yang menjadi hambatan yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.
- Opportunity (O), yaitu analisis peluang, situasi atau kondisi yang merupakan peluang diluar suatu organisasi atau perusahaan dan menunjukkan peluang berkembang bagi organisasi dimasa depan. Cara ini ialah untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa berkembang di masa yang akan depan atau masa yang akan datang.
- Threats (T), yaitu analisis ancaman, cara menganalisis tantangan atau bahaya yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun organisasi untuk menghadapi aneka macam macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan atau organisasi yang menjadikan kemunduran. Jika tidak segera di atasi, bahaya tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu perjuangan yang bersangkutan baik di masa kini maupun masa yang akan datang.
Manfaat Analisis SWOT
Metode analisis SWOT bisa dianggap sebagai metode analisis yangg paling dasar, yang bermanfaat untuk melihat suatu topik ataupun suatu permasalahan dari 4 empat sisi yang berbeda. Hasil dari analisa biasanya berupa kode ataupun rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan untuk menambah laba dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan dan juga menghindari ancaman. Jika dipakai dengan benar, analisis ini akan membantu untuk melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tidak terlihat selama ini. Dari pembahasan diatas tadi, analisis SWOT merupakan instrumen yang bermanfaat dalam melaksanakan analisis strategi. Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalisasi kelemahan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta menekan efek bahaya yang timbul dan harus dihadapi.
Metode analisis SWOT bisa dianggap sebagai metode analisis yangg paling dasar, yang bermanfaat untuk melihat suatu topik ataupun suatu permasalahan dari 4 empat sisi yang berbeda. Hasil dari analisa biasanya berupa kode ataupun rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan untuk menambah laba dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan dan juga menghindari ancaman. Jika dipakai dengan benar, analisis ini akan membantu untuk melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tidak terlihat selama ini. Dari pembahasan diatas tadi, analisis SWOT merupakan instrumen yang bermanfaat dalam melaksanakan analisis strategi. Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalisasi kelemahan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta menekan efek bahaya yang timbul dan harus dihadapi.
Contoh Analisis SWOT
Menganalisis SWOT Perusahaan Nokia :
1. Strengths (Kekuatan)
- Pengalaman
Bagaimana tidak, NOKIA masuk dunia mobile mulai dari tahun 1968-1991 dan pada tahun 1992 sudah mulai meluncurkan ponsel GSM dengan produk Nokia 1011. - Jaringan Terbesar Penjualan & Distribusi
Nokia merupakan brand yang telah menempel di hati para kosumen dan merupakan perintis ponsel yang ketika ini sangat di butuhkan oleh seluruh dunia, jadi masuk akal saja kekuatannya terletak pada terbesar penjualan dan distribusinya. - Hubungan Pelanggan yang Kuat
Bicara brand NOKIA maka hampir seluruh dunia mengenal brand ponsel ini, pelanggan yang loyal serta setia niscaya susah untuk pindah ke lain hati. - Berbagai Macam Produk untuk Semua Kelas
Tidak hanya sebatas kekerabatan pelanggan yang kuat, Nokia juga memanjakan konsumennya dengan aneka macam macam produk yang sesuai kelas.
2. Weaknesses (Kelemahan)
- Kurang Gaya Dalam Produk Murah
Memang sudah wajar, harga memilih sebuah kualitas ataupun tampilannya. Tetapi ini menjadi kelemahan yang mana produk China sanggup menciptakan replika dengan gaya pribadi tetapi tetap dengan harga yang sangat murah. - Kehilangan Pangsa Pasar
Untuk ketika ini Nokia memang telah kehilangan pasarnya sehabis symbian tidak lagi update, kemudian di akuisisi oleh Microsoft dengan OS Windows Phone.
3. Opportunities (Kesempatan)
- Pertumbuhan Pasar Baru
Dengan pertumbuhan pasar/trend baru, yaitu handphone berbasis smartphone maka ini menjadi suatu peluang untuk berkonstrasi pada meningkatkan kualitas smartphone.
4. Threats (Ancaman)
- Ponsel China
Ponsel China merupakan suatu bahaya yang sangat serius bagi Nokia, alasannya ialah dengan fitur yang cukup hampir sama, mereka berani menjual dengan harga murah dan ini pun menjadi sebuah perang harga. - Pesaing Seperti Samsung & Apple
Dari tahun 2000 an – 2010 Nokia memang tiada tandingannya dalam hal ponsel, alasannya ialah memang menunjukkan setiap kebutuhan para konsumen, akan tetapi mulai tahun 2011 para pesaing Nokia (khususnya Samsung dan Apple) mulai melejit, berikut statistik penjualannya:
Kesimpulan
Setelah menganalisis semua faktor, langkah selanjutnya ialah bagaimana memaksimalkan kekuatan (strengths), menutupi kelemahan (weaknesses), memanfaatkan peluang (opportunities), dan menangkal semua bahaya (threats) yang datang. Semoga klarifikasi tumpuan analisis SWOT diatas sanggup menunjukkan citra mengenai analisis SWOT secara keseluruhan.
Setelah menganalisis semua faktor, langkah selanjutnya ialah bagaimana memaksimalkan kekuatan (strengths), menutupi kelemahan (weaknesses), memanfaatkan peluang (opportunities), dan menangkal semua bahaya (threats) yang datang. Semoga klarifikasi tumpuan analisis SWOT diatas sanggup menunjukkan citra mengenai analisis SWOT secara keseluruhan.
0 Response to "Analisis Swot Beserta Manfaat Dan Contohnya"
Post a Comment