Pengertian Baterai Cmos, Fungsi Baterai Cmos Dan Cara Kerja Baterai Cmos

Complementary Metal Oxide Semiconductor atau yang sering kita kenal dengan istilah baterai CMOS ini merupakan salah satu hardware komputer yang sejenis dengan batre jam tangan dimana perangkat keras ini difungsikan dan dipasang pada serpihan papan induk atau mainboard biar sanggup dimanfaatkan oleh sistem BIOS komputer.

Tujuan diterapkannya battery cmos ialah biar sistem komputer tetap bisa aktif dan berjalan walaupun tanpa adanya suatu anutan listrik. Batterai CMOS ini termasuk pada jenis chip dengan type semi-konduktor yang dipakai untuk penyimpanan data serta jenis chip ini tidak membutuhkan suatu daya perhiasan / eksternal.

Selain klarifikasi diatas, ada juga yang menjelaskan jikalau Baterai CMOS ini sering dipakai untuk merujuk pada sebuah chip bertenaga baterai yang ditemukan di banyak komputer pribadi untuk difungsikan sebagai media untuk menyimpan beberapa gosip dasar, menyerupai tanggalwaktu serta pengaturan sistem konfigurasi yang diharapkan oleh sistem input/output dasar (BIOS) untuk mengawali acara komputer.

CMOS sanggup juga disebut sebuah baterai yang dipakai oleh BIOS guna menyimpan settingannya dan tetap aktif tanpa adanya anutan listrik, jenis chip semi-konduktor yang menyimpan data tanpa membutuhkan sumber daya eksternal


Baca Juga Artikel Lainnya :


atau yang sering kita kenal dengan istilah baterai  Pengertian Baterai CMOS, fungsi Baterai CMOS dan cara kerja Baterai CMOS

Fungsi Utama Baterai CMOS

  • Batterai CMOS berfungsi sebagai perangkat yang bisa menyimpan setelan waktu pada komputer atau istilah lain bisa disebut Time Setting, dimana settingan inilah yang akan memilih suatu performa bagi sistem komputer yang anda miliki
  • Befungsi sebagai media untuk penyimpanan setelan BIOS
  • Berfungsi sebagai media yang memilih suatu sistem komputer biar bisa melaksanakan suatu Backup & Restore serta melaksanakan suatu update
  • Memberi tenaga pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang, ketika CMOS tidak atau belum mendapatkan daya dari power supply
  • Menyimpan data tanpa memerlukan daya eksternal
  • Memberikan daya pada BIOS
  • Dan Fungsi Baterai CMOS yang sangat penting ialah menyimpan Konfigurasi BIOS

Cara Kerja Baterai CMOS

Batterai CMOS intinya berfungsi untuk penyimpanan suatu jadwal diagnostik, jadwal konfigurasi, sycronisasi atas file yang telah dibentuk tidak akan terhapus ketika perangkat komputer telah dimatikan, serta sebagai media untuk menampilkan suatu gosip hari, tanggal dan jam.

Perlu anda ketahui bahwa CMOS mempunyai suatu aksara utama, yaitu CMOS memliki suatu desah yang cukup timggi dan penggunaan suatu statis yang rendah, daya yang diambil ketika transistor didalam CMOS sedang melaksanakan perpindahan dari posisi hidup dan mati.

Pada dikala power supply pada perangkat komputer menyala, batterai CMOS mempunyai peranan yang cukup penting untuk melaksanakan beberapa investigasi biar sanggup dipastikan jikalau sistem komputer benar - benar berjalan dengan baik serta melaksanakan suatu kalkulasi atas pemakaian  pada RAM.Setelah batterai CMOS telah simpulan melaksanakan investigasi hal utama diatas, gres kemudian batterai CMOS melaksanakan suatu investigasi terhadap konfigurasi RAID, menyidik sutu format harddisk, menyidik kehadiran suatu pheriferal, serta melaksanakan investigasi akan prefensi boot.

Perlu diingat, jikalau anda akan melaksanakan suatu perubagan pada CMOS, alangkah baiknya anda mempelajari duduk kasus yang berkaitan dengan Batterai CMOS, alasannya ialah jikalau memang anda melaksanakan suatu konfigurasi pada CMOS tidak sesuai dengan apa yang dianjurkan, maka bisa dipastikan sistem komputer anda tidak bisa stabil, sanggup mengakibatkan suatu kerusakan pada sisitem dan hal yang sering terjadi ketika salah melaksanakan suatu perubahan pada CMOS, perangkat komputer anda tidak akan bisa melaksanakan booting sama sekali.


Langkah - Langkah Perawatan dan Perbaikan CMOS

A. Penyebab CMOS Tidak Bekerja dengan Baik
  • Kemungkinan besar baterai CMOS yang anda pasang telah lemah, sehingga tidak sanggup lagi mensuport daya pada CMOS pada dikala komputer sedang offline atau mati.
  • Kebiasaan pemakaian peralatan menyerupai USB Flash Disk, External Hardisk yang eksklusif di cabut tanpa memakai fitur Safely Remove Hardware, yang mana kegiatan menyerupai ini sanggup mengakibatkan software yang terpasang dan di data oleh CMOS akan tersimpan, kemudian ketika komputer di hidupkan lagi CMOS tidak bisa menemukan data Hardware tersebut.
  • Kemungkinan kedua yang bisa terjadi ialah akhir serangan virus yang menyerang regystry windwos atau registry OS lain yang bekerjasama dengan CMOS sehingga antara CMOS dan windows tidak sanggup sinkron.
  • Gejala dari seringnya komputer di matikan tanpa melalui fitur Shutdown, yang mengakibatkan system tidak menyimpan setting CMOS, dan CMOS siap untuk menyimpan setting komponen alasannya ialah dimatikan secara mendadak.
  • Bila CMOS terganggu maka pemakaian komputer tidak stabil, walaupun seluruh komponen komputer tidak rusak.


B. Indikator Kerusakan CMOS
  • Indikator kerusakan yang cukup parah ialah tidak munculnya gambar sama sekali pada layar monitor ketika dinyalakan atau ketika melaksanakan restart, meski anda telah yakin jikalau semua perangkat dalam sistem masih beroperasi. Jika indikatornya semacam ini, banyak juga yang menduga jikalau hardware yang lain sudah bermasalah menyerupai power supply, VGA Card, Processor atau juga RAM yang sudah tidak berpengaruh lagi mendukung kerja sistem, namun perlu anda ketahui bahwa \ hal ini juga sering kali diakibatkan oleh dudukan CMOS yang kurang pas.
  • Indikator kedua yang menunjukan baterai CMOS anda sedang bermasalah ialah ketika anda sering melihat goresan pena “CMOS Checksum Error” pada layar ketika anda menyalakan sistem untuk pertama kalinya atau ketika anda melaksanakan proses restart. Jika kalian mendapatkan bentuk notif atau indikatornya menyerupai ini, terperinci ada sesuatu yang salah dengan CMOS yang anda pasang.
  • Indikator ketiga ialah settingan tanggal di BIOS yang salah . Perlu anda ketahui jikalau baterainya sudah “soak atau lemah”, meski anda kembalikan ke setting yang benar, sistem penanggalan tetap mengalami ganggguan. Kalau sudah begini, bisa dipastikan CMOS-nya sudah tidak berfungsi dengan baik lagi, maka solusinya silahkan anda ganti dengan CMOS yang baru

0 Response to "Pengertian Baterai Cmos, Fungsi Baterai Cmos Dan Cara Kerja Baterai Cmos"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel