Pengertian Modem Adsl, Fungsi Modem Adsl Dan Cara Kerja Modem Adsl

ADSL merupakan kepanjangan dari Assymmetric Digital Subscriber line yang sanggup didefinisikan sebagai suatu bentuk teknologi yang dipakai pada sebuah komunikasi, baik itu berupa data ataupun yang lainnya dengan cara mentransmisikan data tersebut dengan kecepatan yang sangat tinggi melalui sebuah kabel tembaga telepon.

Moden dengan jenis ADSL juga mempunyai sifat yang Asimetrik yakni data yang ditransferkan sudah memakai kecepatan yang berbeda pada satu sisi ke sisi yang lainnya.

Selain itu modem ADSL sanggup didefinisikan sebagai suatu alat yang difungsikan untuk perangkat komputer semoga sanggup terkoneksi dengan jaringan internet. Suatu teknologi paket yang tertanam pada modem ADSL ini sanggup dipastikan sanggup memakai suatu bandwith yang cukup optimal alasannya intinya model ADSL ini sanggup dipergunakan lebih dari satu sambungan jaringan.

Dengan hadirnya modem ADSL ini, maka kemungkinan besar sanggup difungsikan untuk melaksanakan splitter, dimana pembicaraan telepon sanggup tetap berjalan ketika modem sedang terhubung ke dalam jaringan internet. Sementara itu, jarak pancar dari ADLS ini cenderung sempit, dimana hanya berada pada rentang kira – kira 4 kilometer, dan biasanya dipakai di dalam area lingkungan tertentu ibarat Perkantoran dan Usaha lokal.


Baca Juga Artikel Lainnya :


 yang sanggup didefinisikan sebagai suatu bentuk teknologi yang dipakai pada sebuah komunik Pengertian Modem ADSL, Fungsi Modem ADSL dan Cara Kerja Modem ADSL

Penjelasan Singkat Modem ADSL

Sebuah teknologi ADSL juga sanggup mengirimkan sebuah data dengan rata - rata kecepatan 1,8 s/d 10 Mbps untuk suatu arah dari sentral menuju pelanggan yang biasa dikenal dengan istilah Downstream , serta kcepatan dengan rata - rata 16 Kbps hingga dengan 680 Kbps untuk arah sebaliknya dan istilah ini sering disebut dengan Upstream

Didalam system kerjanya ADSL telah memilih dua saluran yang terpisah untuk sebuah layanan komunikasi data dan bunyi , tetapi masih tetap dalam suatu ikatan kabel yang sama. Sementara jikalau kita bandingkan dengan teknik DSL yang lainnya memang masih memakai dua buah kabel yang niscaya terpisah semoga sanggup memperlihatkan suatu layanan yang berbeda antara data dengan komunikasi.

Sementara itu jikalau kita melihat sinyal telepon yang sudah digabungkan dengan sinyal ADSL didalam satu kabel yang sejenis akan tetap diberikan suatu daya oleh suatu perusahaan telepon tersebut, jadi pada ketika jalur modem dan perangkat komputer dalam keadaan mati, kanal telepon masih sanggup dipergunakan dengan baik.

Fungsi Modem ADSL

Fungsi dari modem ADSL adalah suatu bentuk teknologi yang dipakai dalam komunikasi data untuk sanggup melaksanakan transfer sebuah data atau dokumen dengan kecepatan yang sangat cepat dan juga sanggup dipakai untuk memenuhi kebutuhan dalam ber-internet yang mana secara fisiknya memakai media line telepon.

Namun jikalau kita uraikan secara spesifik, fungsi dari modem ADSL ini mempunyai dua fungsi utama, ibarat pada klarifikasi dibawah ini :


  • Membagi penghantaran frekuensi

Fungsi modem ADLS yang pertama ialah sanggup membagi penghantar frekuensi. Ketika melaksanakan koneksi dial up, maka frekuensi yang diterima tidak sanggup terbagi, sehingga mengakibatkan percakapan melalui telepon tidak sanggup dilakukan ketika sedang melaksanakan koneksi internet.

Namun demikian, berkat adanya modem ADSL ini, frekuensi sanggup terbagi menjadi 2, yaitu frekuensi tinggi yang dipakai untuk menghantarkan data dan melaksanakan koneksi internet, serta frekuensi rendah untuk percakapan melalui telepon dan juga Fax.

Dengan memakai modem ADSL ini, maka anda kini sudah sanggup melaksanakan percakapan sambil melaksanakan koneksi internet dengan memakai telepon anda secara bersamaan.


  • Memberikan koneksi internet memakai telepon rumah

Sebagai perangkat keras jaringan komputer, Fungsi modem ADSL kedua ini ialah memberi kepraktisan bagi user. Hampir semua rumah mempunyai jaringan kabel telepon rumah, yang nantinya sanggup dikoneksikan ke dalam internet. Jaringan ini dengan memakai modem ADSL menciptakan pemilik rumah sanggup dengan gampang melaksanakan koneksi internet, tanpa perlu repot melaksanakan setting. Karena biasanya, ketika seseorang akan berlangganan,modem ADSL sudah termasuk di dalam paket sehingga tidak perlu melaksanakan instalasi sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Modem ADSL

Kelebihan yang dimiliki oleh Modem ADSL :
  • Memiliki pembagian frekwensi menjadi 2 (dua) macam diantaranya frekwensi tinggi untuk menghantarakna data dan frekwensi rendah untuk menghantarkan bunyi maupun fax.
  • Untuk di Indonesia pelanggan yang memakai Spidiy, maka ADSL menciptakan aktivitas ber-Internet menjadi lebih hemat. Sehingga sanggup melaksanakan kanal internet tanpa mengkhawatirkan tagihan yang terlalu mahal.
  • Layanan komunikasi antara data dan bunyi diberikan melalui 2 (dua) kanal yang memang terpisah akan tetapi tetap pada satu kabel yang sama.
  • Koneksi ADSL selalu tersambung dengan internet setiap ketika dan telepon tetap sanggup dipakai kapan saja.
  • Dan kecepatan internet yang selalu stabil.


Kekurangan yang dimiliki oleh Modem ADSL
  • Jarak sanggup besar lengan berkuasa pada kecepatan pengiriman data. Semakin jauh jarak antara modem dengan komputer atau saluran telepon dengan gardu telepon, maka akan besar lengan berkuasa pada kecepatan dalam menakses internet.
  • Adanya load coils yang dipakai untuk memberi layanan ke plosok-plosok daerah, sehingga load coils akan menggeser frekwensi bunyi ke frekwensi yang biasanya dipakai ADSL. Hal ini sanggup menjadikan terjadinya interfensi maupun ketidak cocokan jalur pada ADSL.
  • Adanya bridge tap yang merupakan kabel tidak berada pada jalur pribadi antara pelanggan dengan CO. Makara bridge tap sanggup menimbulkan noise yang nantinya sanggup mengganggu kinerja dari ADSL.
  • Kaerena seiring berkembangnya jaman penggunaan kabel fiber optik pada saluran telepon digital sudah mulai digunakan. Hal ini tidak sesuai dengan sistem teknologi ADSL yang masih memakai saluran analog (kabel tembaga), sehingga pada ketika ini masih cukup sulit mengirimkan sinyal melalaui kabel fiber optik.
  • Kecepatan koneksi modem ADSL hingga ketika ini masih sangat tergantung dengan tiang telepon atau DSLAM dan tidak semua sistem operasi komputer sanggup memakai ADSL.

0 Response to "Pengertian Modem Adsl, Fungsi Modem Adsl Dan Cara Kerja Modem Adsl"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel