Mengenal Cara Kerja Baterai Cmos Pada Perangkat Komputer

Pengertian Baterai CMOS, fungsi Baterai CMOS dan cara kerja Baterai CMOS .

Pada artikel kali ini aku akan mencoba menjelaskan secara lebih terperinci perihal cara kerja dari baterai CMOS didalam perangkat komputer. Baterai Cmos atau kepanjangan dari Complementary Metal Oxide merupakan salah satu hardware komputer yang sejenis dengan batre jam tangan dimana perangkat keras ini dikhususkan untuk diterapkan  pada belahan papan induk atau mainboard biar sanggup dimanfaatkan oleh sistem BIOS komputer.

Tujuan atau fungsi utama diterapkannya battery cmos ialah biar sistem komputer tetap bisa aktif dan berjalan walaupun tanpa adanya suatu anutan listrik. Batterai CMOS ini termasuk pada jenis chip dengan type semi-konduktor yang dipakai untuk penyimpanan data serta jenis chip ini tidak membutuhkan suatu daya suplemen / eksternal.


Baca Juga Artikel Lainnya :

 Jauh sebelum artikel ini dipublikasikan Mengenal Cara Kerja Baterai CMOS Pada Perangkat Komputer

Cara Kerja Baterai CMOS

Ketika power supply mulai dihidupkan, Baterai CMOS juga akan menggerakkan kontrol untuk memastikan system jalan dengan baik. Satu diantara kontrol itu yaitu mengkalkulasi penggunaan RAM (Random Acces Memori). Bila POST telah usai, sehabis itu CMOS juga akan mengecek penyusunan yang lain menyerupai mengecek format harddisk serta konfigurasi Redundant Array of Independent Disk (RAID), preferensi boot, hadirnya peripheral serta tweak overclocking.

Sebab / Akibat CMOS Tidak bekerja Dengan Baik

  1. Kemungkinan besar baterai CMOS sudah lemah, sampai tidak bisa lagi mendukung daya pada CMOS dikala komputer sedang dalam keadaan mati. 
  2. Rutinitas penggunaan peralatan menyerupai USB Flash Disk, External Hardisk yang segera di cabut tanpa ada Safely Remove Hardware, mengakibatkan software yang terpasang dan di data oleh CMOS juga akan tersimpan serta dikala computer di hidupkan kembali CMOS tidak menemukan data Hardware itu. 
  3. Kemungkinan lantaran serangan virus yang menyerang regystry windwos yang bekerjasama dengan CMOS sampai data yang terdapat pada CMOS serta windows atau operating system tidak sinkron. 
  4. Akibat seringnya computer di matikan tanpa ada langkah untuk Shutdown terlebih dahulu, hal inilah  yang mengakibatkan sistem tidak menyimpan setting CMOS, serta CMOS siap untuk menyimpan setting komponen karna dimatikan secara mendadak. 
  5. Apabila CMOS terganggu maka penggunaan komputer tidak akan bisa stabil, meskipun semua komponen komputer tidak rusak.


Mengatasi CMOS Yang Tidak Bekerja Dengan Baik

  1. Yakinkan PC (Computer) telah tidak tersambung ke jaringan listrik. 
  2. Setelah casing PC dibuka lihat pada belahan motherboard kalian, dan cari belahan Soket Jumper dengan goresan pena CLR CMOS (Seperti terlihat pada gambar dibawah ini, umumnya jumper setting itu bersahabat baterai CMOS)

     Jauh sebelum artikel ini dipublikasikan Mengenal Cara Kerja Baterai CMOS Pada Perangkat Komputer

  3. Pin 1 serta pin 2 apabila di posisi jumper awal artinya posisi Normal. cabut jumper serta pindahkan untuk menjumper pada pin 2 serta pin 3. 
  4. Sesudah kalian melaksanakan jumper pin 2 serta pin 3, hidupkan PC, dan biarlah selama 1/2 menit s/d satu menit, kemuidian matikan kembali. 
  5. Sesudah PC mati, kembalikan lagi posisi Jumper ke Setting atau keposisi jumper pin 1 serta 2 (posisi semula). 
  6. Hidupkan PC, maka PC juga akan meminta kalianuntuk mensetting Bios, tekan F1 atau Del (Bergantung perintah dari type Motherboardnya). 
  7. Tentukan setting Bios ke Optimise Default system Bios. kemudian tekan F10 untuk menyimpan ke memory Bios dan silahkan kalian keluar dari mode bios tersebut. 
  8. Langkah terakhir PC juga akan Restart kembal serta akan Bekerja lagi dengan normal.

Kerusakan Pada Baterai CMOS

  1. Baterai Cmos umumnya sanggup bertahan usang (lebih kurang sekitar 5 tahun) dengan syarat komputer kaliansering dipakai sampai baterai tetaplah sanggup selalu di ‘charge’ ulang oleh perangkat komputer tersebut. Umumnya komputer yg tidak dipakai usang atau ‘nganggur’ berbulan-bulan mengakibatkan baterai Cmos juga akan habis dayanya, lantaran diserap untuk keperluan Bios. 
  2. Kerusakan ke-2 umumnya disebabkan buruknya kwalitas baterai
  3. Kurangnya perawatan pada perangkat komputer
  4. Tidak mematikan komputer sesuai dengan prosedur

Baca Juga Artikel Lainnya :


Akibat Kerusakan baterai CMOS

  1. Komputer tidak menyimpan pengaturan tanggal, bulan serta tahun. Dan sudah niscaya settingan yang kita buat di Cmos atau Bios juga akan beralih ke daerah ‘default’, hal ini juga yang akan menimbulkan komputer akan selalu meminta untuk men-setup lagi dengan perintah-perintah menyerupai Press Del to Setup, atau Press F1 to Continue atau perintah-perintah lainnya
  2. Apabila baterai tidak menyimpan tanggal bln. serta tahun, maka koneksi internet didalam sebuah browser pun akan menjadi teganggu dan kalian tidak bisa melaksanakan acara berinternet, dan akan muncul peringatan keamanan serta website yang anda masuki di anggap berbahaya (untrust site)
  3. Komputer kalian akan sering hang, dan akan mati dengan sendirinya menyerupai Restart atau bahkan tidak menyala sama sekali
  4. Sebaliknya, kekeliruan setting yang berlangsung pada Bios atau Cmos juga yang mengakibatkan komputer tidak  mampu berjalan dengan baik 

0 Response to "Mengenal Cara Kerja Baterai Cmos Pada Perangkat Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel