Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Client Server

Setiap model dalam jaringan komputer tentu masing masing niscaya mempunyai kelebihan serta kekurangan. Maka dari itu kalau ingin membangun sebuah jaringan kita harus tahu ihwal kelebihan dan kekurangannya masing masing.

Dibawah ini yaitu klarifikasi ihwal kelebihan dan kekurangan dari client server pada jaringan komputer.

Setiap model dalam jaringan komputer tentu masing masing niscaya mempunyai kelebihan serta ke Kelebihan dan kekurangan jaringan client server



Kelebihan jaringan client server

1. Arus warta menjadi lebih cepat

Tentu saja, dengan memakai sistem jaringan komputer berbasis client server, arus warta yang diinginkan akan menjadi lebih cepat. Sebanyak apapun user yang terhubung dengan server tersebut, maka kesemua client tersebut sanggup melaksanakan request dan juga jalan masuk terhadap warta dalam waktu yang bersamaan. Hal ini, selain sanggup membantu mempercepat proses transmisi data kepada client, juga tentu saja akan menambah efektivitas waktu bagi para client dan juga user dalam melaksanakan pengaksesan informasi.

2. Keamanan yang relatif lebih tinggi

Dalam pengertian client server, sebuah komputer client bertugas untuk mengirimkan seruan atau request kepada komputer server, dengan begitu kita hanya memakai komunikasi antara komputer server dan client saja (Tapi tak menutup kemungkinan bahwa ada serangan dari MITM).

MITM itu sendiri adalah Man in the middle attack (MITM) yaitu serangan di mana attacker berada di tengah, bebas mendengarkan dan mengubah percakapan antara dua pihak.

3. Memiliki sistem backup data yang sangat baik

Karena pada jaringan Client Server ini, sistem backup datanya dilakukan secara terpusat oleh server, yang akan membackup seluruh data yang dipakai dalam jaringan. Selain membackup, server juga dipakai sebagai daerah penyimpanan data. 

Dengan adanya komputer server data pada komputer client sanggup diback-up pada komputer server. Maka data pada komputer client sanggup terjaga aman.

4. Server memegang penuh pada data yang di butuhkan oleh user

Komputer server yaitu pusat data yang akan nantinya diharapkan oleh komputer client, komputer server mempunyai hak sepenuhnya dalam mengontrol semua data. Semua sumber daya (resource) ada pada server, dari komputer server lah kita sanggup mendapat warta yang kita butuhkan (selagi warta itu ada pada komputer server).

Kekurangan jaringan client server

1. Biaya operasional relatif lebih mahal

Dengan biaya yang cukup mahal dibandingkan dengan sebuah paradigma peer to peer yang biaya pengeluarannya relatif lebih terjangkau. Dimana dalam membangun sebuah paradigma client server yang tidak sembarang orang sanggup lakukan dan harus terus di update oleh seorang teknisi IT profesional yang tentunya berpengalaman dalam melayani sebuah ilmu atau bidang server.

2. Ketika terjadi trouble pada server, maka seluruh koneksi jaringan akan mati

Seperti sudah disebutkan, jaringan client server memakai satu buah komputer server untuk menjadi pusat dari jaringan tersebut. Namun demikian, sebagai sebuah pusat yang tersentralisir, hal in mengakibatkan kelemahan, yaitu dikala server menagalami kerusakan dan juga gangguan, maka hal ini akan mengakibatkan seluruh jaringan menjadi ikut mati. Hal ini akan sangat mempengaruhi dan berdampak besar bagi keseluruhan jaringan.

3. Memerlukan spesifikasi komputer yang besar

Khususnya pada komputer server harus mempunyai sepsifikasi yang cukup besar, biar sanggup melayani para client yang ingin mengakses data pada server. Jika komputer server mempunyai spesifikasi rendah atau minim, maka akan berakibat pada down pada komputer server, yang berakibat  tidak sanggup diaksesnya server dalam sementara waktu kalau mempunyai jumlah client yang cukup besar.


Itulah klarifikasi ihwal kelebihan dan kekuranga jaringan client server mungkin ada beberapa warta yang kurang atau salah dalam memakai kalimat atau kata mohon maaf.

0 Response to "Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Client Server"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel