Pengertian Dan Fungsi Dari Dhcp (Dynamic Host Configuration Protocol)

Dalam pembagian IP ada yang static dan ada juga yang DCHP. Lalu tahukah kalian dari Pengertian DHCP itu Dan Apa Fungsi DHCP? Dynamic Host Configuration Protocol atau yang di sebut dengan DHCP yakni Protokol client-server yang dipakai untuk membagikan IP atau memperlihatkan IP address pada setiap komputer atau perangkat jaringan lainnya secara otomatis. 

Dalam pembagian IP ada yang static dan ada juga yang DCHP Pengertian Dan Fungsi Dari DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

Fungsi DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

Fungsi DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) yakni untuk mendistribusikan IP address secara otomatis kepada setiap komputer client yang ingin terhubung dengan jaringan komputer dan memperlihatkan fasilitas bagi seorang network direktur dalam mengelola jaringan komputer.

Kenapa banyak yang memakai DHCP? Alasannya alasannya gampang dalam kontribusi alamat IP kepada komputer client atau alat jaringan lainnya, walaupun dalam jumlah yang banyak dengan cara otomatis. Dengan memakai DHCP kita tidak perlu lagi cape cape men-setting IP komputer client satu satu.

DHCP sangat menguntungkan terutama untuk seorang network engineer, alasannya dengan adanya DHCP tidak perlu lagi memperlihatkan alamat IP pada komputer komputer yang ingin terhubung jaringan. Kalau untuk 5 - 10 Komputer tidak dilema kita setting IP komputer secara manual bagaimana bila kalau ada ratusan komputer atau bahkan sanggup hingga ribuan? Yakin masih ingin setting IP sendiri dengan segitu banyaknya komputer? tentunya tidak kan :D.

Keuntungan bila kita memakai DHCP

Saya akan sebutkan apa saja manfaatnya bila kita memakai DHCP. manfaatnya antara lain yakni :
  1. Dengan memakai DHCP kita tidak perlu lagi memperlihatkan atau membagikan alamat IP kepada komputer client satu per satu.
  2. Mencegah terjadinya IP conflict yang sering terjadi pada suatu jaringan.
  3. Komputer yang ingin terhubung jaringan sanggup memakai alamat IP yang tidak di pakai oleh komputer client lain.
  4. Dengan memakai layanan DHCP, komputer client yang terhubung ke jaringan sanggup memakai alamat IP dalam jangka waktu tertentu tergantung dari kontribusi server.

Itulah sedikit klarifikasi ihwal pengertian dan fungsi DHCP Semoga sanggup membantu dan sanggup bermanfaat untuk kalian yang sudah membacanya.

0 Response to "Pengertian Dan Fungsi Dari Dhcp (Dynamic Host Configuration Protocol)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel