Pengertian Fungsi Dan Tujuan Subnetting Pada Jaringan Komputer

Dalam artikel kali ini kita akan membahas perihal pengertian subnetting pada jaringan komputer. Subnetting juga mempunyai fungsi dan tujuan adanya subnetting pada jaringan komputer.

Mengapa harus melaksanakan subnetting? Bebeorang di antara kita niscaya harus melaksanakan subnetting untuk beberapa alasan, salah satu alasan kenapa kita harus melaksanakan subnetting yaitu :

Dalam artikel kali ini kita akan membahas perihal pengertian subnetting pada jaringan komp Pengertian Fungsi dan tujuan subnetting pada jaringan komputer
  1. Untuk mengefisiekan alokasi alamat IP Address dalam sebuah jaringan komputer supaya sanggup memaksimalkan penggunaan IP address.
  2. Untuk mengatasi duduk masalah perbedaan perangkat keras (hardware) dan media fisik yang dipakai suatu jaringan, alasannya yaitu router IP hanya sanggup mengintegrasikan sebagai network dengan media fisik yang berbeda jikalau setiap network mempunyai address network yang unik.
  3. Untuk meningkatkan keamanan pada jaringan kompiuter

Untuk lebih lengkapnya sanggup di simak klarifikasi dibawah ini..

Pengertian Subnetting

Subnetting yaitu sebuah proses memecah suatu IP jaringan ke sub jaringan yang lebih kecil yang disebut "subnet". Setiap subnet deskripsi non-fisik (atau ID) untuk jaringan-sub fisik (biasanya jaringan beralih dari host yang mengandung satu router -router dalam jaringan multi).

Subnetting hanya sanggup dilakukan pada ip address kelas A, Kelas B, kelas C. Subnetting akan membuat beberapa network perhiasan tetapi mengurangi jumlah maksimum host yang ada dalam tiap network.

Tujuan subnetting

Tujuan dari subnetting yaitu sebagai berikut :
  1. Untuk mengefisienkan pengalamatan jaringan contohnya untuk jaringan yang hanya mempunyai 10 host, kalau kita ingin memakai kelas C saja terdapat 254 - 10 = 244 alamat yang tidak terpakai.
  2. Dapat membagi satu kelas network atas sejumlah subnetwork dengan artikata membagi suatu kelas jaringan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
  3. Untuk mengatasi duduk masalah perbedaan antara hardware dengan topologi fisik jaringan.
  4. Untuk membuat lebih efisien alokasi Ip address dalam sebuah jaringan supaya sanggup memaksimalkan penggunaan ip adderss.
  5. Untuk meningkatkan keamanan dan mengurangi terjadinya kongesti jawaban terlalu banyak host dalam suatu jaringan.
  6. Untuk mengatasi duduk masalah perbedaan hardware dan media fisik yang di gunakan dalam suatu network.

Fungsi Subnetting

  • Membantu pengembangan jaringan ke arah jarak geografis yang menjauh.
  • Mengurangi kemudian lintas jaringan, sehingga data yang lewat di perusahaan tidak akan terjadi collision (tabrakan data).
  • Kerja jaringan yang lebih di optimalkan.
  • Membuat pengelolaan jaringan jadi lebih sederhana.

Oke itu ia tadi pembahasan mengenai pengertian, tujuan, dan fungsi dari subnetting biar artikel singkat ini sanggup bermanfaat dan membantu kalian bagi yang membacanya.

0 Response to "Pengertian Fungsi Dan Tujuan Subnetting Pada Jaringan Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel